UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN METODE JARIMATIKA
Keywords:
Jarimatika, KKN, Minat Belajar.Abstract
Kegiatan ini berangkat dari permasalahan rendahnya antusiasme belajar siswa kelas IV terhadap mata pelajaran Matematika di SDN 84 Kota Bengkulu. Tujuan dari Kegiatan ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan. Subjek Kegiatan melibatkan 26 siswa kelas IV tahun ajaran 2024/2025. Kegiatan dilakukan bersamaan dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui sosialisasi metode pembelajaran inovatif kepada guru serta siswa. Jenis Kegiatan ini menggunakan desain Kegiatan Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi aktivitas belajar serta tes awal keterampilan berhitung. Hasil Kegiatan menunjukkan bahwa tingkat minat belajar sebelum penerapan metode jarimatika berada pada kategori rendah (45,60%). Setelah tindakan, minat belajar meningkat menjadi 72,30% dengan kategori tinggi.
References
Dimyati, & Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. jakarta: Rineka Cipta.
Dzaki Fikri, A. & Susanto, R. (2024). Penerapan metode Jarimatika dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika materi perkalian di sekolah dasar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 130-136.
Mulyasa. (2018). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ningsih, D. (2024). Variasi metode pembelajaran dan dampaknya terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 65-78.
Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjiono, A. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wulandari, S. (2021). Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan. Jakarta: Kawan Pustaka.








