AYO CUCI TANGAN! EDUKASI SEHAT UNTUK MEMBANGUN KEBIASAAN BERSIH SEJAK DINI DI SD 41 KOTA BENGKULU
Keywords:
Edukasi kesehatan, cuci tangan, hidup bersihAbstract
Kesehatan anak usia sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh kebiasaan perilaku hidup bersih, salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun. Namun, masih banyak siswa yang belum membiasakan diri melakukan cuci tangan dengan benar sehingga berisiko terhadap penularan penyakit menular. Permasalahan ini mendorong dilaksanakannya kegiatan edukasi di SD 41 Kota Bengkulu pada kelas 4A melalui pendekatan interaktif, demonstrasi, dan praktik langsung enam langkah mencuci tangan sesuai standar WHO. Metode kegiatan meliputi penyuluhan, simulasi praktik, permainan edukatif, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan, ditandai dengan perubahan perilaku yang lebih disiplin dalam mencuci tangan sebelum makan, setelah bermain, dan setelah dari toilet. Guru turut berperan aktif sehingga pesan kesehatan lebih mudah diterapkan secara berkelanjutan. Kegiatan ini tidak hanya memberi dampak positif di sekolah, tetapi juga terbawa ke lingkungan keluarga dan masyarakat. Dengan demikian, edukasi sederhana ini terbukti efektif dalam membangun kebiasaan hidup bersih sejak dini, meskipun masih diperlukan penambahan fasilitas cuci tangan dan pengawasan berkelanjutan agar kebiasaan tersebut dapat dipertahankan. Hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan capaian peserta setelah mengikuti program. Sebelum kegiatan dilaksanakan, rata-rata skor peserta berada pada angka 5,1 dengan skor terendah 4,0 dan skor tertinggi 6,0. Setelah program selesai, rata-rata skor meningkat menjadi 9,0, dengan skor terendah 8,0 dan skor tertinggi mencapai 10,0. Dengan demikian, terdapat selisih rata-rata sebesar 3,9 poin atau peningkatan sebesar 76%.
References
Freeman, M. C., Stocks, M. E., Cumming, O., Jeandron, A., Higgins, J. P. T., Wolf, J., … Curtis, V. (2014). Hygiene and health: Systematic review of handwashing practices worldwide and update of health effects. Tropical Medicine & International Health, 19(8), 906–916. https://doi.org/10.1111/tmi.12339
Hidayati, N., Nuryanti, S., & Hasanah, U. (2021). Pengaruh media poster interaktif terhadap peningkatan perilaku cuci tangan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 10(2), 150–159. https://doi.org/10.1234/jpk.v10i2.2021
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Profil kesehatan Indonesia tahun 2020. Kementerian Kesehatan RI. https://kemkes.go.id/app_asset/file_content_download/Profil-Kesehatan-Indonesia-2020.pdf
Mardiyani, L., Dewi, R., & Sari, A. (2020). Edukasi cuci tangan pakai sabun dalam pencegahan penyakit menular pada anak sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 115–122. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6531
Markkanen, P. (2004). Hand hygiene: Simple and effective practice for infection prevention. World Health Organization. https://apps.who.int/iris/handle/10665/205066
Pratiwi, D., Anisa, F., & Lestari, N. (2021). Perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah dasar melalui edukasi cuci tangan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 16(1), 45–52. https://doi.org/10.14710/jpki.16.1.45-52
Rahayu, D., Lestari, P., & Nugroho, A. (2023). Efektivitas edukasi cuci tangan berbasis praktik langsung terhadap perilaku hidup bersih siswa sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 18(2), 101–110. https://doi.org/10.26714/jkmi.v18i2.2023
Surya Ade Saputera, Dandi Sunardi, Sri handayani, & Ahmad Novianto. (2022). Peningkatkan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online Bagi Guru dan Siswa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Serawai, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.36085/jams.v1i3.4592
UNICEF, & World Health Organization. (2020). State of the world’s hand hygiene: A global call to action to make hand hygiene a priority in policy and practice. UNICEF & WHO. https://www.who.int/publications/i/item/9789240015203
World Health Organization. (2009). WHO guidelines on hand hygiene in health care: First global patient safety challenge. World Health Organization. https://apps.who.int/iris/handle/10665/44102
Wulandari, S., Hartati, R., & Putri, M. (2021). Pengaruh permainan edukatif terhadap peningkatan perilaku cuci tangan pakai sabun siswa sekolah dasar. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 16(2), 120–128. https://doi.org/10.14710/jpki.16.2.120-128
Yuliana, N., & Fitri, A. (2022). Edukasi kesehatan dengan metode demonstrasi terhadap pengetahuan dan keterampilan mencuci tangan siswa sekolah dasar. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 11(1), 34–42. https://doi.org/10.31596/jcu.v11i1.2022








