EDUKASI MENABUNG, PENCATATAN TABUNGAN SEDERHANA, DAN PEMBUATAN TABUNGAN DARI BAHAN BEKAS DI SDN 38 TANAH PATAH

Authors

  • Yuliana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rina Yuniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hernadianto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ratna Wili Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

literasi keuangan, sekolah dasar, tabungan ramah lingkungan.

Abstract

Kemampuan mengelola keuangan bukan hanya kebutuhan orang dewasa, tetapi juga keterampilan dasar yang sebaiknya diperkenalkan sejak usia dini. Artikel ini mengangkat pengalaman pelaksanaan program edukasi menabung, pencatatan tabungan sederhana, dan pembuatan tabungan dari bahan bekas di SDN 38 Tanah Patah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi.setelah observasi banyak anak- anak yang belum memulai membiasakan diri untuk menabung kami melakukan edukasi Program tabungan dilakukan dengan mekanisme sederhana: siswa menyisihkan uang dalam jumlah kecil, dicatat dalam buku tabungan, dan dihitung secara berkala. Selain itu, siswa juga diajak membuat celengan dari botol bekas sebagai media belajar kreatif dan ramah lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa program ini berhasil menumbuhkan kebiasaan menabung, melatih keterampilan pencatatan, serta meningkatkan motivasi finansial dan kepedulian lingkungan. Dukungan guru dan orang tua menjadi faktor kunci keberhasilan. Artikel ini menegaskan bahwa praktik sederhana di sekolah dasar dapat membentuk perilaku finansial sejak dini sekaligus menanamkan nilai kreatif dan berkelanjutan.

References

Fitria, I., Soejono, F., & Tyra, M. J. (2021). Literasi keuangan, sikap keuangan dan perilaku keuangan dan kinerja UMKM. Business and Banking, 11(1), 1–15.

Heri, Z. (2023). Peran Bank Rakyat Indonesia Dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan Indonesia. 3, 1249–1253.

Keuangan, O. J. (2025). Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat. Ojk. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/OJK-dan-BPS-Umumkan-Hasil-Survei-Nasional-Literasi-Dan-Inklusi-Keuangan-SNLIK-Tahun-2025.aspx?utm_source=chatgpt.com

Mansur, A., Lestari, G. D., & Nugroho, R. (2024). The Importance of Financial Literacy Among Elementary School Students: A Case Study of Savings Activities in Menur Pumpungan State Elementary School Surabaya. International Journal of Emerging Research and Review, 2(3), 000074. https://doi.org/10.56707/ijoerar.v2i3.74

Onsardi, Kusuma, M., Yulinda, A. T., Yuniarti, R., Saroni, S., & Arianto, T. (2024). Pengolahan Persampahan dan Bank Sampah Kelurahan Betungan Kota Bengkulu. Jurnal Solusi Masyarakat (JSM), 2(1), 69–74. https://doi.org/10.29103/jsm.v2i1.17379

Ratih, I. S., & Zulfikri, R. R. (2024). Peningkatan Literasi Finansial melalui Pelatihan Perencanaan Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v4i1.443

Sari, M. P., & Mangifera, L. (2023). Peran Pendidikan Keuangan Terhadap Kemampuan Finansial dan Manajemen Keuangan : Analisis Mahasiswa Surakarta. International Conference on Digital Advance Tourism, Management and Technology, 1(1), 296–309. https://doi.org/10.56910/ictmt.v1i1.72

Published

2025-12-01

Issue

Section

Edisi Desember Vol 5 No 3 2025
Abstract viewed = 0 times