SOSIALISASI PENCEGAHAN BULLYING DAN CYBER BULLYING DI SDN 38 KOTA BENGKULU

Authors

  • Rindy Balincha Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Imelia Okta Rama Yanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muntahanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

bullying, cyber bullying, sekolah dasar, sosialisasi, kkn.

Abstract

Bullying dan cyber bullying adalah masalah yang serius yang memberikan dampak negatif terhadap perkembangan psikologis, sosial, dan akademik para siswa di sekolah dasar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dilakukan program sosialisasi pencegahan bullying di SDN 38 Kota Bengkulu, khususnya pada siswa kelas V B, dengan tujuan meningkatkan pemahaman, kesadaran, serta sikap saling menghargai antar siswa. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2025 dengan melibatkan tim KKN, guru pendamping, dan kepala sekolah, terdapat tiga langkah pokok yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan, serta penilaian. Metode yang diterapkan mengedepankan pendekatan partisipatif, meliputi presentasi interaktif, pemutaran video animasi edukatif dari YouTube dan diskusi kelompok, edukasi perilaku bullying melalui simulasi langsung, serta refleksi pribadi dengan media gambar tubuh dari Canva. Evaluasi dilakukan melalui observasi keterlibatan siswa, catatan refleksi pribadi, dan wawancara singkat dengan guru kelas. Hasil kegiatan menunjukkan adanya Pengembangan wawasan siswa tentang jenis-jenis bullying, dampak yang ditimbulkan, dan cara pencegahannya. Siswa juga lebih berani mengungkapkan pengalaman pribadi, terutama dalam bentuk ejekan, dan mulai menunjukkan perubahan sikap dalam berinteraksi sehari-hari. Dengan demikian, sosialisasi ini terbukti efektif dalam membangun kesadaran kolektif dan diharapkan ini dapat menjadi langkah pertama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, bersahabat, dan bebas dari tindakan bullying.

References

Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). IDENTIFIKASI FENOMENA PERILAKU BULLYING PADA REMAJA. In & Saripah | (Vol. 19).

Audrey Afralia, Desy Safitri, & Sujarwo. (2024). Analisis Penyebab Maraknya Cyberbullying di Era Digital pada Remaja. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.61404/jimi.v2i2.199

Dan, P., Pembuatan, P., Buatan, P., Lobster, P., Tawar, A. I. R., Desa, D. I., Selatan, S., & Maritim, B. (2023). Jurnal Abdi Insani. 10(September), 2587–2594.

Fitria, Y. (2022). Psikoedukasi Upaya Mencegah Dan Melawan Perundungan (Bullying danCyberbullying) Di SMP Unggulan Habibulloh. 1.

Khaliza, C. N., Ariawan, I., El-matury, H. J., & Tenggara, A. (2021). Efek Bullying , Kekerasan Fisik , dan Kekerasan Seksual terhadap Gejala Depresi pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia : Analisis Data Global School-Based Student Health Survey Indonesia 2015 Info Artikel Abstrak Depresi adalah penyakit mental yang umumnya. 2(2), 98–106.

Paramesti, N. Z., Prawira, R. N., Azahra, M., Farandy, F., Andhiyo, I. G. B., Izzati, A. P., Haryani, D. S., Mahardika, A., Ardhika, W. A., & Mulyadi, M. (2024). Peran Negara, Masyarakat, dan Keluarga untuk menanggulangi Bullying dalam Perspektif Hukum Perlindungan Anak. Indonesian Journal of Law and Justice, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/ijlj.v1i4.2545

Ririn, Y. A. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Perilaku Bullying. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.70437/jedu.v1i2.10

Talantan, L. T., & Burhan, Z. (2024). Upaya UNICEF dalam Mengembangkan Model Gerakan Anti Perundungan terhadap Anak Sekolah melalui Program Roots di Kota Makassar Tahun 2016-2018. JILS (Journal of International and Local Studies), 8(2), 107–117. https://doi.org/10.56326/jils.v8i2.4402

Tri Bagas Romadhoni, M., Junnatul Azzizah Heru, M., Rofiqi, A., Warquatul Hasanah, Z., & Anda Yani, V. (2023). The Effect Of Bullying Behavior On Social Interaction In Adolescents. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 11.

Published

2025-12-22

Issue

Section

Edisi Desember Vol 5 No 3 2025