PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIMULASI DIGITAL (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Usaha Perjalanan Wisata SMK N 1 Kota Bengkulu)
DOI:
https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v1i1.746Abstrak
Abstract: The study was aimed to investigation the influence of the teaching media and motivation toward the learning achievement of Digital Simulation  of X Tecnologi Information Comunication grade students of the 2017/2018 Academic Year, at State Vocational School 1 Bengkulu City. The experiment quasi study, purposive randome sampling in which 68 studen as its sample were taken as well, and two variance analysis. (Anava) technique with significance level P<0,05, were employed. The following research result, with the significance level P<0,05, were revealedthat there were ; (1) influence of the use of the computer media and LCD projector with Power Point program toward the students’ motivation, with F = 4,822, and the students’achievement, with F = 1,752, in learning the Computer Skills and Information management; (2) Interaction between prior to and afterwards treatment givent to the experiment and control group towards the students’ motivation, with F = 4,822; and (3) no interaction between prior to and afterwards treatment given to the ekperiment and control group toward the students’ achievement, with F = 1,752.
Â
Keywords: Media, Motivation, Achievement
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar Simulasi Digital siswa kelas X Usaha Perjalan Wisata tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Purposive random sampling yang mana 68 siswa diambil sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Varians (Anava) dua jalur campuran pada taraf signifikansi p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Terdapat pengaruh penggunaan media komputer dan LCD proyektor menggunakan program Power Point terhadap motivasi belajar Simulasi Digital siswa dengan perhitungan F= 4,822 dan prestasi belajar siswa, dengan perhitungan F= 1,752 (2) Terdapat interaksi antara sebelum perlakuan dengan setelah perlakuan dari kelompok ekperimen dan kontrol terhadap motivasi belajar siswa dengan perhitungan F= 4,822; (3) Tidak terdapat interaksi antara sebelum perlakuan dengan setelah perlakuan dari kelompok ekperimem dan kontrol terhadap prestasi belajar siswa dengan perhitungan F= 1,752.
Media, Motivasi, Prestasi.
Referensi
Arasyad, 2010. Media pembelajaran Raja Grafindo Persada. Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rinika Cipta
Akhmad Sudrajat, 2010, Pengertian Media Pembelajaran diunduh dari: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer, pada tanggal 15 Mei 2012
Brigggs, Sadiman, 2007 Media Pembelajaran. Bandung, CV Wacana Prima
Dahlan, 1984. Model-model mengajar ( Beberapa Alternatif interaksi belajar mengajar) cv. Diponegoro Bandung.
Gagne, Sadiman, 2007. Media Pembelajaran Raja Grafindo Persada. Jakarta
Hadiwinarto, 2009. Psikologi (Teori dan Pengukuran) Bengkulu.
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Hamzah, 2007. Model Pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kriatif dan efektif. Bumi Aksara. Jakarta
Johanes Sapri,2006. Pengaruh Model Pembelajaran dan gaya
Kognitif terhadap hasil belajar
Rosada (2008: 7) Media Pembelajaran, Bandung, CV Wacana Prima
Sanaky, Huajair AH. 2009. Media Pembelajaran, edisi Revisi. Yogyakarta: Safira insania Press
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Gruop.
Setiawan, Denny dkk. 2008. Komputer Dan Media Pembelajaran. Jakarta, Universitas Terbuka
Sisilian. 2010, Pengertian LCD Proyektor. diunduh dari: Http://www.sisilain.net/2010/11/pengertian-lcd-proyektor.html, pada tanggal 15 Mei 2012
Slavin, 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta, Erlangga
Soeryono Soekamto, 1980, Pengantar Sosiologi, Jakarta, Balai Pustaka
Sugiono, 2010. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitataif dan R&. Afabeta. Bandung
Pandapotan Sianipar, 2004, Menggunakan Microsoft Office Power Point 2003, Jakarta, Elex Media Komputindo
Sudrajat dkk, 2000. Statistik pendidikan. Bandung Pustaka Setia