Author Guideline

  1. Artikel yang dimuat di jurnal Bioeduscientific merupakan hasil penelitian di bidang  Pendidikan Biologi, Biologi Murni dan Pendidikan IPA untuk mahasiswa, guru, dosen, dan para peneliti dibidang Pendidikan Biologi, Biologi Murni dan Pendidikan IPA.. Jumlah kata minimal untuk keseluruhan artikel adalah 5000 kata.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Sistematika penulisan artikel adalah judul; nama penulis, abstrak disertai kata kunci; pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
  3. Judul artikel tidak boleh lebih dari 14 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan style tulisan Times New Roman, ukuran huruf 12 point.
  4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama, alamat lembaga asal, dan alamat e-mail, ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting (editor) hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail, dengan style tulisan Times New Roman, ukuran huruf 12 point.
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 250 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan (Abstrak versi bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring, 1 spasi).
  6. Artikel diketik dengan program Microsoft Word menggunakan format kolom koran (2 kolom), style tulisan Times New Roman, ukuran 12 pt, 1 spasi. Pengirimian naskah dilakukan secara online melalui website Open Journal System (OJS) dengan alamat http://jurnal.umb.ac.id/index.php/BIOEDUSCIENTIFIC dan diteruskan ke e-mail pascapendbio@gmail.com.
  7. Cara penulisan artikel harus mengacu kepada: 1. PENDAHULUAN2. METODE, 3. HASIL DAN PEMBAHASAN4. KESIMPULAN, dan ditambah dengan DAFTAR PUSTAKA. Contoh: 1. PENDAHULUAN (level 1: Times New Roman, 12 pt, All CAPS, bold); 1.1 Tinjauan Pustaka,1.1.1 Belajar dan Pembelajaran (Level 2, 3 dst: Times New Roman, 12 pt, Small CAPS, bold). Bagian PENDAHULUAN (berisi latar belakang, konteks penelitian, kajian pustaka, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk esai.
  8. Bagian METODE berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data (populasi, sampel, partisipan), teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti.
  9. Bagian HASIL DAN PEMBAHASAN berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis.
  10. Bagian KESIMPULAN berisi simpulan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf secara ringkas.
  11. Bagian DAFTAR PUSTAKA hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar pustaka. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Artikel yang sudah terbit di Jurnal Lectura ini disarankan untuk digunakan sebagai rujukan.
  12. Aturan pengutipan rujukan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun: halaman). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan, dan dibubuhi tanda kutip, Contoh: “….” (Brown, 2017: 37).
  13. Daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

    Contoh Penulisan Daftar Pustaka/Referensi

    Buku: 

    Brown, H.D. (2017). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains: Pearson Education.

     

    Artikel dalam jurnal ilmiah: 

    Abbas, M.F.F. (2015). Analysis of students’ ability in writing a research proposal. ELT-Lectura, 2(2), 44-47.

     

    Skripsi, Tesis, Disertasi: 

    Choo, S. (2016). Investigating Ideology in the Literature curriculum in Singapore. Unpublished master’s thesis. Department of English Language and Literature: National University of Singapore.

     

    Sumber online: 

    Deane, P., Odendahl, N., Quinlan. T., Flowles, M., Welsh, C., & Tatum, J. B. (2008). Cognitive models of writing: Writing proficiency as a complex

    integrated skill. Retrieved February 9, 2014, from https://www.ets.org/Media/Research/pdf/RR-08-55.pdf.

     

    Publikasi tanpa nama penulis: 

    Curriculum Planning and Development Division. (2017). Literature in English, teaching    syllabus. Ministry of Education: Singapore.

     

    Artikel dalam koran: 

    Big drop in students studying O-level literature. (2018, August 16). The Straits Times, p. 3.
  14. Tabel (jika ada) dibuat tanpa garis vertikal. Cukup garis horizontal pada bagian atas dan bagian bawah tabel. Kemudian, nama tabel dicetak tebal dan diposisikan di atas tabel.
  15. Semua naskah ditelaah oleh reviewers yang ditunjuk oleh tim editor menurut bidang keilmuan dan kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari reviewers atau editor. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan via e-mail.
  16. egala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel
  17. Gambar atau Diagram (jika ada) dibuat dengan ukuran yang jelas dan nama Gambar atau Diagram ditempatkan di bawah Gambar atau Diagram.