PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALK THINK WRITE (TTW) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v2i1.1479Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Talk Think Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berguna untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar, sedangkan lembar tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 26 (katagori cukup) dan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 20,5 (katagori cukup). Pada siklus II untuk aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 60 (katagori baik) dan aktivitas siswa 57,5 (katagori baik). Hasil tes pada siklus I rata-rata nilai 67,69 dan ketuntasan belajar klasikal 61,53 % dikatagorikan belum tuntas, siklus II rata-rata nilai 77,2 dan ketuntasan belajar klasikal 88 % dikatagorikan tuntas (KKM 75). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talk Think Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu.Referensi
Agusningtiyas, Eka. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode React ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIID Semester Gasal Di SMPN 2 Karangmalang, Sragen Tahun Ajaran 2012/2013). Surakarta: Skripsi, UMS (Tidak Diterbitkan).
Akmala, Annisa. 2011. Teori Belajar Kognitivisme. Diunduh pada http://edukasi.kompasiana.com pada 23 Agustus 2017
Aqib, Zaenal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo .