PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIMULASI DIGITAL (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X Usaha Perjalanan Wisata SMK N 1 Kota Bengkulu)

Authors

  • Isti Herlena SMKN 1 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v1i1.746

Abstract

Abstract: The study was aimed to investigation  the influence  of the teaching  media and  motivation toward the learning achievement of Digital Simulation  of X Tecnologi Information Comunication grade students of the 2017/2018 Academic Year, at  State Vocational School 1 Bengkulu City. The experiment  quasi study, purposive randome sampling in which 68 studen as its sample were taken as well, and two variance analysis. (Anava) technique with significance level P<0,05, were employed. The following research result, with the significance level P<0,05, were revealedthat there were ; (1) influence of the use of the computer media and LCD projector with Power Point program toward the students’ motivation, with F = 4,822, and the students’achievement, with F = 1,752, in learning the Computer Skills and Information management; (2) Interaction between prior to and afterwards treatment givent to the experiment and control group towards the students’ motivation, with F = 4,822; and (3) no interaction between prior to and afterwards treatment given to the ekperiment and control group toward the students’ achievement, with F = 1,752.

 

Keywords: Media, Motivation, Achievement

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar Simulasi Digital  siswa kelas X Usaha Perjalan Wisata  tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan  metode quasi eksperimen. Purposive random sampling yang mana 68 siswa diambil sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Varians (Anava) dua jalur campuran pada taraf signifikansi p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Terdapat pengaruh penggunaan media komputer dan LCD proyektor menggunakan program Power Point terhadap motivasi belajar Simulasi Digital siswa dengan perhitungan  F= 4,822 dan prestasi belajar siswa, dengan perhitungan F= 1,752  (2) Terdapat interaksi antara sebelum perlakuan dengan setelah perlakuan dari  kelompok ekperimen dan kontrol terhadap motivasi belajar siswa dengan perhitungan F= 4,822; (3) Tidak terdapat interaksi antara sebelum perlakuan dengan setelah perlakuan dari kelompok ekperimem dan kontrol terhadap prestasi  belajar siswa dengan perhitungan F= 1,752.

Media, Motivasi, Prestasi.

References

Arasyad, 2010. Media pembelajaran Raja Grafindo Persada. Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rinika Cipta

Akhmad Sudrajat, 2010, Pengertian Media Pembelajaran diunduh dari: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer, pada tanggal 15 Mei 2012

Brigggs, Sadiman, 2007 Media Pembelajaran. Bandung, CV Wacana Prima

Dahlan, 1984. Model-model mengajar ( Beberapa Alternatif interaksi belajar mengajar) cv. Diponegoro Bandung.

Gagne, Sadiman, 2007. Media Pembelajaran Raja Grafindo Persada. Jakarta

Hadiwinarto, 2009. Psikologi (Teori dan Pengukuran) Bengkulu.

Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hamzah, 2007. Model Pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kriatif dan efektif. Bumi Aksara. Jakarta

Johanes Sapri,2006. Pengaruh Model Pembelajaran dan gaya

Kognitif terhadap hasil belajar

Rosada (2008: 7) Media Pembelajaran, Bandung, CV Wacana Prima

Sanaky, Huajair AH. 2009. Media Pembelajaran, edisi Revisi. Yogyakarta: Safira insania Press

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Gruop.

Setiawan, Denny dkk. 2008. Komputer Dan Media Pembelajaran. Jakarta, Universitas Terbuka

Sisilian. 2010, Pengertian LCD Proyektor. diunduh dari: Http://www.sisilain.net/2010/11/pengertian-lcd-proyektor.html, pada tanggal 15 Mei 2012

Slavin, 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta, Erlangga

Soeryono Soekamto, 1980, Pengantar Sosiologi, Jakarta, Balai Pustaka

Sugiono, 2010. Metode penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitataif dan R&. Afabeta. Bandung

Pandapotan Sianipar, 2004, Menggunakan Microsoft Office Power Point 2003, Jakarta, Elex Media Komputindo

Sudrajat dkk, 2000. Statistik pendidikan. Bandung Pustaka Setia

Downloads

Published

2020-03-13
Abstract viewed = 208 times