PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALK THINK WRITE (TTW) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Authors

  • Haulan Haluan SMAN 7 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v2i1.1479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Talk Think Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil Hasil Belajar  Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berguna untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar, sedangkan lembar tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 26 (katagori cukup) dan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 20,5 (katagori cukup). Pada siklus II untuk aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 60 (katagori baik) dan aktivitas siswa 57,5 (katagori baik). Hasil tes pada siklus I rata-rata nilai 67,69 dan ketuntasan belajar klasikal 61,53 % dikatagorikan belum tuntas, siklus II rata-rata nilai 77,2 dan ketuntasan belajar klasikal 88 %  dikatagorikan tuntas (KKM 75). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talk Think Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil Hasil Belajar  Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu.

Author Biography

Haulan Haluan, SMAN 7 Kota Bengkulu

SMAN 7 KOta Bengkulu

References

Agusningtiyas, Eka. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode React ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIID Semester Gasal Di SMPN 2 Karangmalang, Sragen Tahun Ajaran 2012/2013). Surakarta: Skripsi, UMS (Tidak Diterbitkan).

Akmala, Annisa. 2011. Teori Belajar Kognitivisme. Diunduh pada http://edukasi.kompasiana.com pada 23 Agustus 2017

Aqib, Zaenal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo .

Downloads

Published

2021-03-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 145 times