UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN KELUARGA MELALUI IMPLEMENTASI KAMPUNG TEMATIK DI KELURAHAN PADANG NANGKA KECAMATAN SINGARAN PATI KOTA BENGKULU

Authors

  • Ovita Charolina Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Faridah Faridah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Supawanhar Supawanhar Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Romdana Romdana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i2.949

Abstract

Kemiskinan, pengangguran dan permasalahan lingkungan pemukiman sangat umum ditemui di perkotaan tidak terkecuali dengan Kota Bengkulu. Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bengkulu dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui program pembentukan kampung tematik. Sebagai program percepatan, kampung tematik memerlukan adanya partisispasi dari seluruh masyarakat khususnya dari anggota kelompok untuk dapat mendukung keberlanjutan dalam  pelaksanaannya. Kampung Wirausaha merupakan kampung tematik yang terbentuk di Kelurahan Padang nagka kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu. Tujuan dari kegiatan  ini adalah untuk mengetahui peran kampung tematik dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga dengan memanfaatkan dan memaksimalkan potensi yang ada. Hal ini dapat dilihat dari praktik pelaksanaan kampung tematik serta efektifitasnya bagi peningkatan ekonomi. Metode yang digunakan adalah sosialisasi gerbang hebat kampung tematik sebagai wadah peningkatan pendapatan masyarakat lokal, sosialisasi perubahan/mindset pola pikir masyarakat, pelatihan aneka usaha kuliner, pelatihan aneka cinderamata, pembentukan kelompok wirausaha kuliner dan cinderamata., pembentukan kampung tematik Wirausaha sangat bermanfaat sekali bagi keberlangsungan peningkatan ekonomi yang ada di masyarakat. Selama ini usaha – usaha rumahan sudah ada dalam masyarakat akan tetapi belum dibina secara maksimal sehingga masyarakat sangat minim mendapatkan bantuan modal usaha, ataupun pemasaran dari produk-produk rumahan mereka. Pembentukan kampung tematik menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang pendapatan masyarakat. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Tercapainya sosialisasi kepada warga tentang gerbang hebat kampung tematik sebagai wadah peningkatan perekonomian masyarakat setempat terkhusus kelurahan padang nangka kecamatan singaran pati, Tercapainya perubahan mindset/pola pikir masyarakat tentang pentingnya peran serta partisipasi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi warga dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki, Tercapainya kelompok-kelompok usaha kuliner , cinderamata, obat-obatan/jamu-jamuan tradisional di kampung wirausaha yang diberikan fasilitas wadah/outlet untuk memasarkan hasil olahan/produk usaha, Tercapainya publikasi kegiatan pendampingan kampung tematik “kampung wirausaha†melalui media online/massa, Tercapainya publikasi ilmiah di jurnal pengabdian masyarakat diperguruan tinggi swasta/negeri.

References

Bandura, A. (2013). The Social Foundation of Tought and Action (6 ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Barney, A. J., Hesterly, W. S. (2010). Strategic management and Competitive Advantage (2nd ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Borg, W. R., Gall, M. D. & Gall, J. P. (2003). Educational Research. Boston: Pearson education, Inc

Irhandayaningsih, A. (2018). Kampung Tematik Sebagai Upaya Melestarikan seni Dan Budaya di Jurang Bimbing Tembalang Semarang. Jurnal Anuva, 2(4), 377- 385.

Jonnius, J. (2013) ‘Menumbuh kembangkan Budaya Kewirausahaan dalam Masyarakat’ Menara, 12(1), pp. 48–55.

Malik, A. and Mulyono, S. E. (2017) ‘Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat’, Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), pp. 87–101.

Michel, B., Elisabetta, L., and Robert, V. (2012). Remittances and financial opennes Regional Science and Urban Economics, 42(5), 844-857.

Susanto, A. D., Widodo, D., Sudrajat, R., dan Saputra, H. J. (2017). Pendampingan Kampung Tematik Gumbregah Mlatiharjo Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNHPKM)-VII Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas PGRI Semarang. 26 Oktober 2017

Saragih, R. (2017) ‘A Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial’, Jurnal Keiwrausahaan, 3(2), pp. 26–34. Available at: http://jklmii.org.

Sukidjo (2012) ‘Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Indonesia’, Jurnal Economia, 8(1), pp. 33–41.

Tamara, A. P., Rahdriawan, M. (2018). Kajian Pelaksanaan Konsep Kampung Tematik di kampung Hidroponik Kelurahan Tajung Mas Kota Semarang. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 6(1), 40-50.

Published

2020-08-30
Abstract viewed = 712 times