PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN USAHA PADA PELAKU USAHA DODOL KOPI DI DESA SUMBER SARI KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG

Authors

  • Ummul Khair Prodi Akuntansi FEBi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • elvis Nopriyanti sherly Prodi Akuntansi FEBi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Zufiyardi Zulfa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i2.745

Abstract

Manajemen usaha  merupakan salah satu upaya mengatur segala hal dalam menjalankan usaha sehingga dapat mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan. Salah satu tujuan tersebut yaitu meningkatkan daya saing pelaku usaha dodol kopi di desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan kabupaten Kepahiang.  Manajemen usaha yang dimaksudkan antaranya yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan. Dodol  merupakan salah satu olahan makanan yang berbahan dasar ketan. Keinovatifan produk ini belum diikuti oleh kemajuan pelaku usaha dodol kopi dalam memanajemen usaha tersebut sehingga daya saing produk dodol kopi ini masih rendah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh 25 orang peserta, yang merupakan pelaku usaha dodol kopi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui dua kegiatan yaitu kegiatan penyuluhan dan kegiatan pelatihan manajemen usaha. Kegiatan Pengabdian ini melibatkan mahasiswa sebanyak 5 orang dalam pelaksanaannya.

Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan antusisme yang tinggi dari pelaku usaha dodol kopi dalam mengikuti kegiatan ini dan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha dodol kopi yang ditunjukkan dengan peningkatan pemahaman pelaku usaha mengenai manajemen sumber daya manusia sebesar 47%, manajemen keuangan meningkat 26%, serta manajemen pemasaran meningkat 45%.

Author Biographies

Ummul Khair, Prodi Akuntansi FEBi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Asisten Ahli

elvis Nopriyanti sherly, Prodi Akuntansi FEBi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

asisten ahli

Zufiyardi Zulfa, Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Lektor Kepala

References

http://Indonesia investment.com/id/bisnis/komoditas/kopi/item186. Diakses tanggal 1 september 2019.

http://majalah .oflencofee.co.id/jenis-jenis-kopi-sumatera/ diakses tanggal 3 september 2019

Rahmawati, Fitri. 2013. Materi Pelatihan Pengemasan dan Pelabelan, BPPM DIY, Jogjakarta

Ihwanuddin, Muhammad, et all. 2012. Pengaruh persepsi Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Rokok Merek Gudang Garam Surya Profesional Mild (Studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2011/2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) (online). Diakses tanggal 3 September 2019

Malayu, SP, Hasibuan. 2007.Manajemen, Dasar, Pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset

prawirosentono, Suyadi. 2007. Pengantar bisnis modern. Jakarta: Bumi Aksara

Kotler, P & Amstrong, G. (2012). Priciple of Marketing. 14Edition, New Jersey : Prentice Hall International, Inc.

Yusmaniarti Yusmaniarti, M. M. (2019). PEMBERDAYAAN PENGURUS GAPOKTAN TERATAI UNTUK MENINGKATKAN TATAKELOLA ADMINISTRASI SIMPAN PINJAM BAGI MASYARAKAT DI DESA …. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(2), 193-200.

Published

2020-08-30
Abstract viewed = 318 times