Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhanadi Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • Rozali Toyib Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Onsardi Onsardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • yulia darnita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muntahanah Muntahanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i1.723

Abstract

Produk Unggulan Kawasan Pedesaan merupakan langkah untuk memajukan desa dengan menciptakan produk unggulan desa, memiliki potensi menciptakan kesempatan kerja yang tinggi, selanjutnya berpotensi meningkatkan daya beli dan kesejaterahan desa, produk yang dihasilkan perlu dipasarkan  agar bisa diserap swasta atau perusahan oleh karena itu diperlukan media pemasaran yang relevan dengan perkembangan teknologi  yang begitu pesat untuk memudah dalam pemasaran produk unggulan desa melalu media Promosi Melalui Media Website agar bisa dikenal untuk menarik minat swasta atau perusahan menyerap hasil produk dari desa  atau berinvestasi di daerah/desa, Para investor akan tertarik untuk bekerjasama produk unggulan desa memiliki kulaitas, kuantitas dan kontinuitas yang baik. Investasi bisa dilakukan pada kerjasama on farm (budidaya), off farm (pengolahan komodit) dan market (pemasaran). Sehingga pertumbuhan ekonomi desa akan semakin cepat dan merata, Promosi Produk Unggulan Desa akan berdampak pada membuka lapangan kerja baru dan peluang usaha baru, dengan adanya lapangan kerja dan peluang usaha baru secara otomatis akan meningkatkan penyerapan Tenaga Kerja dan mengurangi Pengangguran yang ada di Desa.

References

Profil Infrastruktur Permukiman Kabupaten Seluma,2016 , Direktorat Jendral Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dokumen Rencana Aksi Daerah Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2017, Dokumen Rencana Aksi Daerah Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2017.

Nurharyadi,Ahadi Nur Agus, Hidayatullah Agus, Reymita Dibba, 2016 “ Kawasan Perdesaan Wisata, Perikaan dan Pertanian di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkul†, Pusat Data dan Informasi, Badan Penelitian dan Pembangunan Pendidikan dan Pelatihan , dan Informasi Kementrian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Tranmigrasi

Surya Adi, Rahmi Tetty, Minrohayati, 2017 “ Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Universitas Terbuka, Edisi 1.

Gunaedi Jenji A, Nastiti Heni, Krisnanik, 2017 “ IBM SME Berbasis Online Marketing IBM SME based Online Marketing “ Prosiding SnaPP Sosial, Ekonomi dan Humaniora, Jakarta.

Surya Saputra Dhanar Intan, Rini Eldas Puspita, Hermawan Hellik 2015, “Pelatihan Ketrampilan dan Penjualan Online Hasil Kerajinan Kayu Bagi Usaha Mikro Bj Wood Processing dan Raka Jaya Mandiriâ€, Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto

Published

2020-06-28
Abstract viewed = 828 times