Pendampingan Proses Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Di Kota Bengkulu

Authors

  • Reni Reni Kusmirti FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hilyati Mila Mila UMB
  • Amnah Qurniati Qurniati UMB

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i3.452

Abstract

Abstrak

Guru dituntut kreatifitas dan  kemampuan mengembangkan inovasi dalam  meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran. kemampuan profesional guru dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan.  Kualitas pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan profesional guru, terutama dalam memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik. Masalahnya bagaimana kualitas  proses pembelajaran guru sekolah Dasar Muhammadiyah 1 dan 2 di kota Bengkulu setelah diadakan pendampingan. Tujuan pendampingan ini diharapkan adanya perubahan ke arah lebih baik dalam proses pembelajaran. Waktu pelaksanaan satu bulan. Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah (1) melaksanakan sosialisasi aspek yang berkaitan dengan proses pembelajaran,(2) melaksanakan pembelajaran oleh guru model dengan pengamatan guru-guru yang lain (3) Melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru model di kelas dengan pendampingan oleh tim Pengabdian. Dampak kegiatan pendampingan ini menunjukkan adanya peningkatan kompetensi tentang aspek-aspek yang terkait proses pembelajaran, seperti model pembelajaran, gerakan literasi sekolah, media yang digunakan, langkah-langkah dalam melaksanakan proses  pembelajaran dan peningkatan performansi guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pendampingan, proses pembelajaran, Sekolah Dasar

References

Daftar pustaka

Akbar, Aulia.Membudayakan Literasi dengan Progran 6 M Di Sekolah Dasar. 2017. Jurnal

Pendidikan Sekolah DasarVol 3 No 1 issn 2540-9093

Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Permendiknas no 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44–63.

Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Supriadie, Didi dan Deni Darmawan. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya,.

Published

2019-12-20

Issue

Section

Edisi Desember Vol 2 No 3 2019
Abstract viewed = 286 times