Pendampingan Proses Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Di Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i3.452Abstrak
Abstrak
Guru dituntut kreatifitas dan kemampuan mengembangkan inovasi dalam  meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran. kemampuan profesional guru dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Kualitas pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan profesional guru, terutama dalam memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik. Masalahnya bagaimana kualitas proses pembelajaran guru sekolah Dasar Muhammadiyah 1 dan 2 di kota Bengkulu setelah diadakan pendampingan. Tujuan pendampingan ini diharapkan adanya perubahan ke arah lebih baik dalam proses pembelajaran. Waktu pelaksanaan satu bulan. Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah (1) melaksanakan sosialisasi aspek yang berkaitan dengan proses pembelajaran,(2) melaksanakan pembelajaran oleh guru model dengan pengamatan guru-guru yang lain (3) Melaksanakan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru model di kelas dengan pendampingan oleh tim Pengabdian. Dampak kegiatan pendampingan ini menunjukkan adanya peningkatan kompetensi tentang aspek-aspek yang terkait proses pembelajaran, seperti model pembelajaran, gerakan literasi sekolah, media yang digunakan, langkah-langkah dalam melaksanakan proses pembelajaran dan peningkatan performansi guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran.
Â
Kata Kunci: Pendampingan, proses pembelajaran, Sekolah Dasar
Referensi
Daftar pustaka
Akbar, Aulia.Membudayakan Literasi dengan Progran 6 M Di Sekolah Dasar. 2017. Jurnal
Pendidikan Sekolah DasarVol 3 No 1 issn 2540-9093
Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Permendiknas no 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44–63.
Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Supriadie, Didi dan Deni Darmawan. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya,.