Laporan Keuangan Koperasi Berbasis Media Excel For Accounting (EFA)

Authors

  • Yusmaniarti Yusmaniarti Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu Program Studi Akuntansi
  • Sri Ekowati Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i1.294

Abstract

Setiap perusahaan atau badan usaha harus memiliki laporan keuangan pada akhir periode perusahaan dapat mengetahui jumlah aktiva, kewajiban, ekuitas, pendapatan serta biaya yang dikeluarkan perusahaan selama satu periode yang bersangkutan. Perusahaan juga akan tebih mudah untuk mengambil suatu keputusan apakah perusahaannya akan diteruskan atau dijual dan menanamkan modalnya ke perusahaan lain. Koperasi Matahari juga mempunyai modal yang cukup besar dan volume transaksi yang tinggi. Koperasi Matahari telah melakukan penyusunan laporan keuangan akan tetapi masih sacara manual, belum menggunakan sistem informasi akuntansi, sehingga laporan tidak bisa disajikan secara cepat. Kegiatan pengabdian ini  ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penyusunan laporan keuangan koperasi dengan menggunakan Excel For Accounting (EFA) yang sesuai dengan prinsip akuntansi. Program ini digunakan karena tidak sulit dan sudah familiar sehingga Koperasi matahari  tidak terlalu kesulitan untuk mempelajari dan menggunakannya. Selain itu, program ini juga mempunyai banyak keunggulan dan fasilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Koperasi. Adapm laporan keuangan yang dibuat adalah neraca, laba rugi, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas.Masalah utama yang menjadi fokus dalam pengembangan koperasi adalah mengenai pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan pada koperasi membutuhkan keterampilan Akuntansi yang baik oleh  pengelolah koperasi. Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi mengenai posisi keuangan  perusahaan dan kinerja keuangan yang dicapai oleh suatu entitas. Informasi yang digunakan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan suatu entitas adalah laporan keuangan yang dilaporkan setiap akhir periode sebagai laporan atas pengelolaan suatu entitas.Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pelatihan dan workshop penyusunan laporan keuangan koperasi Matahari  dengan mnggunakan aplikasi microsof excel yaitu aplikasi Excel For Accounting (EFA), workshop penyusunan rekening, pencatatan transaksi,memposting,penyusunan laporan keuangan dan workshop evaluasi dari pelaksanaan penyusunan laporan keuangan yang sudah dilaksanakan. Dari kegiatan ini target dan hasil capaiannya adalah: terlaksananya kegiatan kegiatan pengabdian secara lancar, meningkatkan pemahaman para pengurus koperasi menyusun laporan keuangan sesuai SAK  ETAP.

Kata Kunci : Laporan Keuangan, SAK ETAP, EFA.

References

http://www.bengkuluonline.com/2014/04/2014-koperasi-di-kota-bengkulu-capai-788-unit.html (diakses April 20, 2014)

Ikatan Akuntan Indonesia (2009), Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan. (online) (http://sutaryofe.staff.uns.ac.id/files/2011/06/sak-etap.pdf).

Iim Ma’rifatul Auliyah (2008) Penerapan Akuntansi Berdasrkam SAK ETAP pada UKM Kampung Batik di Sidoarjo : Artikel Ilmiah (online) (http://katalog.library.perbanas.ac.id/download_6313_artikel.pdf).

Mackenzie Bruce dkk, (2012). IFRS for SMEs. Jakarta: Indeks.

Ngada Orang (2012). Lampiran Permen KUKM Republik Indonesia No. 04 Tentang Pedoman Umum Akuntansi Koperasi. (Online) (http://ngada.org/bn755-2012lmp.htm).

Downloads

Published

2019-05-05
Abstract viewed = 1742 times