SOSIALISASI STRATEGI DAN TRIK SUKSES SELEKSI CPNS SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN INDIKATOR KINERJA UTAMA UNIVERSITAS TEUKU UMAR

Authors

  • Al Zuhri Universitas Teuku Umar
  • Agus Pratama Universitas Teuku Umar
  • Putri Maulina Universitas Teuku Umar
  • Desi Maulida Universitas Teuku Umar
  • Khairil Umuri Universitas Syiah Kuala
  • Ilka Sandela Universitas Teuku Umar
  • Jalaluddin Jalaluddin Universitas Teuku Umar

Abstract

Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Teuku Umar poin 1 dan 3, yaitu membantu lulusan memperoleh pekerjaan yang layak dengan membekali kesiapan dalam menghadapi tes CPNS dengan berbagai regulasi yang ada saat ini dan menggerakkan dosen untuk berkegiatan di luar kampus dengan menggalakkan sosialisasi-sosialisasi yang berimbas pada kepentingan masyarakat umum. Harapannya dengan pembekalan tersebut mampu menghantarkan para peserta diterima menjadi abdi negara dalam upaya menjaring para pelayan publik yang prima serta cendekia Indonesia yang berwawasan, berketerampilan, dan berakhlak. Adapun metode yang penulis gunakan adalah presentasi menggunakan alat bantu slide power point dengan bobot materi berisi regulasi-regulasi yang harus diketahui oleh para peserta, strategi dan trik andalan dari para narasumber, cara mengelola waktu belajar dan tes yang apik, serta berisi bahasan-bahasan soal dengan mengangkat soal-soal yang pernah muncul di seleksi CPNS sebelumnya. Kemudian di akhir sesi ditutup dengan diskusi secara informal. Semua proses dilakukan melalui pemanfaatan media video conference zoom meeting. Hasil dari sosialisasi ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para peserta, ini dapat diasesmen dari antusias dan intensitas pertanyaan yang diutarakan, bobot pertanyaan, kesungguhan untuk tetap standby mendengarkan meskipun sering terjadi system error disepanjang perjalanan sosialisasi, respon secara personal dari peserta kepada para narasumber, dan lainnya. Para peserta juga berharap akan ada sosialisasi lanjutan yang diselenggarakan demi kedalaman materi yang dikehendaki. Bahkan para peserta yang tidak sempat gabung karena memiliki kepentingan mendesak lain atau terlewat informasi, meminta secara personal kepada narasumber rekaman video meeting atau slide materi yang disampaikan.

Kata Kunci: IKU 1 dan 3, Jadi ASN, Trik Sukses CPNS

References

Astuti, S. S. P. (2020). PEMANTAUAN PELAKSANAN SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL TAHUN 2019 Studi Pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Magelang Tahun 2020. Jendela Inovasi Daerah, 4 (1), 55–76.

Bramasta, D. B. (2021). Update Skor Peserta SKD CPNS 2021: Tertinggi Tembus 510, Ini Kuncinya! Retrieved January 11, 2022, from www.kompas.com website: https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/18/150500465/update-skor-peserta-skd-cpns-2021--tertinggi-tembus-510-ini-kuncinya-?page=all#:~:text=Seperti diketahui%2C pelaksanaan SKD CPNS,Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Cindi wulandari, E. Y. (2021). APLIKASI SIMULASI TES CAT (COMPUTER ASSISTED TEST) UNTUK CALON PNS/ASN BERBASIS WEB MOBILE. JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) DESEMBER, 6 (2), 81–94. https://doi.org/10.32767/JUTIM.V6I2.1499

M Rusdi, Z. (2017). Pengaruh Sistem Rekrutmen Cpns Berbasis Computer Assisted Test (CAT) Dan Sistem Rekrutmen Cpns Konvensional Terhadap Perilaku Kontra Produktif. Jurnal Sains Manajemen, 3 (2), 60–68.

Martin, J. (2015). Studi Tentang Proses Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil Kota Samarinda. Dalam Jurnal EJournal Ilmu Pemerintahan, 3(4), 1900–1913.

Negara, B. K. (2021). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil. Retrieved January 11, 2022, from https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Permen-PANRB-No.-27-Tahun-2021.pdf

Rosyadi, S. (2021). Problem Rekrutmen dan Seleksi Pegawai Negeri Sipil. Civil Service Journal, 5 (2).

Saili, S. (2009). Urgensi Motivasi Pelayanan Publik dalam Rekrutmen dan Seleksi CPNS: Alternatif dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Demokrasi, 8 (1).

Samba’a, N. A. (2018). EFEKTIVITAS PROSEDUR REKRUTMEN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN BANGGAI. Jurnal Administrasi Publik, 4 (65).

Suripatty, G. (2019). Standar Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Aparatur Sipil Negara. Jurnal Sosio Sains, 5(2), 79–90.

Tinggi, D. J. P. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Published

2022-08-09
Abstract viewed = 56 times