PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA SEKOLAH LANGIT BIRU

Authors

  • Hesti Setiorini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yusmaniarti Yusmaniarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Marini Marini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i3.1021

Abstract

Sekolah Langit Biru yang terletak di Kecamatan Muara Bangkahulu tepatnya di Jl. Bandaraya RT 20 RW 01 Kelurahan Pematang Gubernur Kota Bengkulu, yang memiliki modal sendiri yang berasal dari yayasan, menerima sumbangan atau bantuan donasi dari individu atau pemerintah. Sumbangan atau bantuan tersebut perlu dicatat dan dibuatkan laporan agar terjadinya transparansi dan akuntanbilitas dalam mengelola sumbangan atau bantuan tersebut, juga berfungsi sebagai informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan (Pemilik, pemerintah, dan lain-lain) untuk melihat perkembangan Sekolah dan untuk pengambilan keputusan yang akan datang.

Sekolah Langit Biru merupakan sebuah Sekolah yang berada di Kota Bengkulu yang mengalami kendala dalam menyusun laporan keuangan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman SDM dalam menyusun laporan keuangan. Praktik penyusunan laporan keuangan yang telah dilakukan hanya pada pencatatan arus dana masuk dan keluar, laporan keuangan yang disajikan dibuat untuk pertanggungjawaban kepada pemilik dan donatur. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pelatihan dan pendampingan yang melibatkan anggota dan manajemen Sekolah Langit Biru dalam hal pembuatan nomor dan nama transaksi (akun). Dari kegiatan ini target dan hasil capaiannya adalah meningkatkan pemahaman para pengurus tentang kesadaran  akan pentingnya pengelolaan administrasi keuangan yang baik,benar dan akuntabel.

References

Anand, D. (2018). PENERAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN YAYASAN. Jurnal

Kajian Akuntansi, Vol 2, (2), 2018,

-177, 2(2), 160-177.

Keating, Charles. 1986. Kepemimpinan: Teori dan Pengembangannya. ter. Mangunhardjana. Yogyakarta: Kanisius.

Paidi, YUSMANIARTI, D. W. (2017). Membuat Laporan Keuangan Menggunakan MYOB Versi 19.6 (Edisi 1; S. Empat, ed.). Jakarta: Salemba Empat Jakarta.

Teti Rahmawati, O. R. (2016). Mengungkap Kesiapan Implementasi SAK ETAP dalam Menyajikan Laporan Keuangan UMKM Di Kabupaten Kuningan. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 532-539.

Wawan Sukmana, Y. G. (2008). Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan PSAK No.45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba dan Penerapan Total Quality Manajemen Terhadap Kinerja Yayasan. Jurnal Akuntansi FE Unsil, 3(1), 424.

Ulfa, M, W,. (2014). Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Studi Kasus pada SMK Negeri 4 Malang). Journal Riset Mahasiswa Akuntansi ,Vol. 2, No. 1. ISSN 2337- 5663.

Yuhaida, & Novia, H. 2015. Penerapan Laporam Keuangan Organisasi Nirlaba Berdasarkan PSAK No. 45 (Studi Kasus pada Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Assalbiyah). Jember: Universitas Jember.

Yadiati, Winwin dan Ilham Wahyudi 2006. Pengantar Akuntansi. Penerbit Penada Media Group. Jakarta.

Yusmaniarti, Y., & Ekowati, S. (2019). Laporan Keuangan Koperasi Berbasis Media Excel For Accounting (EFA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(1).

Published

2020-12-28
Abstract viewed = 424 times