OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA LOYOK

OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA LOYOK

Authors

  • Hilmy Baroroh UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Fathur Haer UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maulina Yusfiani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sri Vita Azhari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Wahyu Anggraini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Marini Marini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.3257

Abstract

Desa Loyok adalah desa yang berlokasi di Kabupaten Lombok Timur. Desa ini memiliki potensi wisata alam dan ekonomi kreatif berupa kerajinan anyaman bambu. Desa Loyok memerlukan adanya suatu sistem untuk mempromosikan desa serta produk kerajinan anyamannya. Sumber daya manusia belum dapat memanfaatkan teknologi internet dengan baik. Metode pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan observasi langsung ke lokasi, selanjutnya dilaksanakan juga kegiatan penyuluhan literasi digital yang tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan terkait dengan digitalisasi marketing wisata dan produk-produk kerajinan Desa Loyok. Selain itu, kegiatan pembuatan media sosial dan website dilaksanakan selama satu minggu. Pada akhir kegiatan dilaksanakan launching website dan sosial media sebagai wadah digital marketing kerajinan dan wisata di Desa Loyok.

Keyword: Digital Marketing, Desa Wisata, Kerajinan Bambu, Literasi Digital, Website

References

Amaro, S. D. (2016). Travelers’ Use of Social Media: A Clustering Approach. Annals of Tourism Research, 59, 1–15.

Clemons, E. K. (2009). The Complex Problem of Monetizing Virtual Electronic Social Networks. Journal of Advertising, 36, 35–50.

Ermatita, Nurmain, S., Irmeilyana, Desiani, A., & Tanuji, H. (t.t.). Pemanfaatan Website dan Teknologi Sistem Informasi sebagai Upaya Peningkatan Manajemen dan Media Promosi Potensi Pengerajin Songket Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Jurnal Pengabdian Sriwijay, 351–355.

Friedman, T. L. (2006). The World is Flat. Straus and Giroux.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 01(01), 25–32.

Riza, A. F. (2021). Penyuluhan Literasi Digital.

Setyowardhani, H., Susanti, H., & Riyanto. (2019). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 19–26.

Supriyono. (2020). Media Sosial Sebagai Alat Promosi yang Efektif Bagi Usaha Rintisan di Era Normal Baru. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 2355–2883.

Suwarsono, St. (2016). Pengantar Penelitian Kualitatif. Acara Hari Studi Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, JPMIPA-FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Umami, Z. (2015). Social Strategy pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi, 4(2), 195–201.

Published

2022-04-28
Abstract viewed = 736 times