EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI NAPA DI MASYARAKAT BENGKULU SELATAN

Authors

  • Syaipul Amri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Mella Dwi Santia

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas etnomatematika Tari Napa pada masyarakat di Bengkulu Selatan dan mengetahui konsep matematika yang diaplikasikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, aktivitas etnomatematika Tari Napa  mengandung aspek matematis pada alat-alat yang digunakan dan gerakan. Aspek matematis tersebut meliputi menghitung (jumlah penari dan jumlah alat musik yang digunakan), menentukan lokasi (penentuan posisi penari, posisi alat musik, dan lokasi penyimpanan aset yang digunakan), mengukur (mengukur jarak antar penari), mendesain (pakaian yang digunakan penari seperti celana panjang, baju kemeja, peci, dan kain), bermain (menentukan aturan gerakan Tari Napa dan cara memainkan alat musik) dan menjelaskan (menjelaskan makna dari gerakan Tari Napa). Konsep matematika yang diaplikasikan meliputi jenis- jenis sudut, yaitu sudut siku-siku pada gerakan tangan penari saat melakukan gerak menangkis, sudut lancip pada gerakan tangan penari saat melakukan gerak memukul, dan sudut tumpul pada gerakan tangan penari saat melakukan gerak silek atau menghindar secara berhadapan, dan beberapa bangun datar seperti, persegi panjang yang terdapat pada alat Tari Napa yaitu tikar, serta lingkaran yang dapat ditemukan pada gendang atau rebana sebagai alat yang digunakan pada saat Tari Napa.

Kata Kunci : Tari Napa Bengkulu Selatan, Etnomatematika

References

Ansori, E., dkk. (2018). Bengkulu Selatan Sekilas Jejak dan Pesonanya. Manna: Yayasan Sahabat Alam Raflesia.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1)1, 44-48.

Destrianti, S., Rahmadani, S., Ariyanto, T. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2).

Fransiska, M., & Isten, C. (2019). Bimbang Makan Sepagi Suku Serawai. Bengkulu Selatan: CV Kanaka Media.

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2021). Eksplorasi etnomatematika permainan tradisional gatrik. Journal of Academia Perspective, 1(2), 64–70.

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2020). Penggunaan Kearifan Budaya Lokal Berbasis Etnomatematika Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 312-317.

Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.

Noto, MS., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 5 (2), 2018, 201-210.

Setiana, D.S., Ayuningtyas, A.D., Wijayanto, Z., Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika di Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1-10.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 148 times