GAME-BASED LEARNING: MATH TRAIN TRACK PADA PEMBELAJARAN GRADIEN

Authors

  • Usep Kosasih Universitas Islam Nusantara
  • Farhan Maulana Muslim Universitas Islam Nusantara
  • Samnur Saputra
  • Deti Ahmatika

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4682

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi. Faktanya, dari hasil wawancara pendidik matematika SMP, pada umumnya mata pelajaran matematika masih dianggap sulit dipahami karena matematika berhubungan dengan hal abstrak salah satunya pada sub materi gradien. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil validasi, dan desain pembelajaran dari desain pembelajaran Persamaan Garis Lurus berbasis Math Train Track. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), dengan model Design Research (DR) dan Desain penelitian menggunakan Formative Evaluation, dengan subjek penelitian pendidik dan pakar pendidikan matematika sebagai validator, dan peserta didik kelas VIII. Instrumen yang digunakan yaitu hasil validasi dari expert review (pakar pendidikan matematika) dan one-to-one (pendidik matematika). Dari hasil validasi yang dilakukan validator didapat bahwa Math Train Track layak untuk diuji coba tanpa revisi.

Kata Kunci: Game-Based Learning, Math Train Track, Media Pembelajaran, Gradien.

References

Atnojo, B., & Riwayati, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Visualization Audiotory, Kinesthetic (VAK) Menggunakan Media Pembelajaran VCD dan Cetak. Jurnal MATH-UMB.EDU. 6(3).

Buxton, L. (1981). Do You Panic About Math? Coping with Math Anxiety. London: Heinemann.

Fikri, U., Untarti, R. (2022). Koneksi Matematis dan Minat Belajar Matematika. Jurnal MATH- UMB.EDU. 9 (3).

Mulyadi, S. (2008). Bermain dan Kreativitas. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Prahmana, R. (2017). Design Research: (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Depok: Rajawali Pers.

Rusmiati. (2017). “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo”. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 1(1).

Sujarwo. (2012). Desain Sistem pembelajaran. Yogyakarta:PLS FIP Universitas Negeri Yograkarta.

Tesmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation: Improving the Quality Of Education And Training. London: Kogan Page.

Downloads

Published

2023-03-29

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 92 times