PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Authors

  • Condro Endang Werdiningsih Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i1.4398

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan berfikir kritis terhadap kemampuan penalaran matematis. Populasi pada penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri Kab. Bekasi. Sampel pada penelitian ini adalah 68 orang siswa kelas VIII dengan teknik pengambilan menggunakan simpel random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan pemberian angket untuk kedua variabel bebas dan pemberian soal essay untuk variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik korelasional. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan berpikir kritis dengan kemampuan penalaran matematis. Hal ini ditunjukkan dengan f table (untuk alfa = 0,05) = 3,14 dan f hitung 8,57 maka f hitung  > f table yaitu 8,57 > 3,14. Dengan demikian kedisiplinan belajar dan berpikir kritis memiliki pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis.

Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Berpikir Kritis, Kemampuan Penalaran Matematis

References

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 1(2), 288-296. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/66/54

Firdaus, N., & Rustina, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 432-437 https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1071/731

Hasratuddin. (2021). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran. Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130-141 http://digilib.unimed.ac.id/960/2/FulText.pdf

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (1st ed.). Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, NA., Hidayah, N., & Rahman, DH. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(3), 334-338. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14579/6357

Yusdiana, BI., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1 (3), 409-414. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/657/133

Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 77-88. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jtp/article/download/18002/13319

Sugiarto, AP., Suyati, T., & Yulianti, PD. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu 24(2): 232. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jiipsi/article/download/497/210

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung : Alfabeta.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih Komperenshif. Jakarta: Change Publication.

Ulfah, A., Suendarti, M., & Soeparlan. (2019). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Kedisiplinan Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(2),147-152. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/download/5709/3935

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 123 times