PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH PERSAMAAN DIFERENSIAL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i1.4115

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Persamaan Diferensial Dasar. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini sebanyak 328 mahasiswa semester 7. Sampel yang diambil sebanyak 72 mahasiswa menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa 4 soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematika materi persamaan diferensial. Dari hasil perhitungan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD)sebesar 77,67 lebih tinggi dari rata-rata mahasiswa yang diajar dengan model konvensional sebesar 71,94. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji “t” thitung = 2,03 lebih besar dari  ttabel = 1,99 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi persamaan diferensial.

Keywords: Model student teams achievement division (STAD), Kemampuan pemahaman matematis

Author Biography

Sudiyah Ana Wati, Universitas Indraprasta PGRI

Bekerjalah dengan Ikhlas

References

Sudana, IPA., & Wesnawa, IGA. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1(1): 1-8. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill Dan Soft Skill. Bandung: Refika Aditama.

Nuriah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sd Negeri 004 Teluk Binjai. Jurnal PAJAR, 1 (1): 122–128.

Kurka. (2022). Capaian Pembelajaran Matematika, Apa Tujuan Dan Karak teristik Di Kurikulum Merdeka. Pusat pengembangan Kurikulum. https://kurikulummerdeka.com/capaian-pembelajaran-matematika-apa-tujuan-dan-karakteristik/.

Mashuri, S., Jahring., & Nasruddin. (2020). Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(4): 909-9016. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2979/pdf

Mulyani, A., Indah, EKN., & Satria, AP. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 251–62.

Nuraeni., Mulyati, ES., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(5): 975-983. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983

Pakpahan, M. (2022). Metode Penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Rhamawati, Yu. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Rusman. (2018). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Saputra, H. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/363839120_Kemampuan_Pemahaman_Matematis

Sriana, J., & Sujarwo. (2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 8(1): 39–51.

https://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/pedagogi/article/view/245/207

Supardi. (2016). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4(1): 17–23. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/1754/908

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 194 times