PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII

Authors

  • Pera Sri Wulandari STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Al Ikhlas STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Sonya Heswari STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i3.3536

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis problem solving pada materi lingkaran yang efektif dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini  adalah 30 peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Sungai Penuh. Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek kevalidan LKPD ini adalah lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Untuk mengukur kepraktisan LKPD ini adalah Angket respon peserta didik. Untuk mengukur aspek keefektifan LKPD ini menggunakan hasil tes belajar peserta didik yang terdiri dari 5 soal. Kevalidan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 100 untuk setiap pernyataan oleh validator ahli media dan ahli materi, LKPD ini diberikan nilai 87 dan dikategorikan sangat valid, sehingga LKPD dapat diujicobakan. Kepraktisan LKPD berdasarkan angket respon peserta didik dengan skor maksimal 100 untuk setiap pernyataan, rata rata skor yang diperoleh dari respon peserta didik adalah 76,7 dan dikategorikan praktis. Keefektifan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari tes hasil belajar peserta didik dengan memberikan 5 soal kepada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sungai Penuh diperoleh persentase ketuntasan sebesar 70% dan dikategorikan efektif.

Kata Kunci: LKPD, problem solving, lingkaran.

 

Abstract

This development research aims to produce a product in the form of problem solving worksheets based on effective and practical circle material. The development model used is ADDIE, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in this study were 30 students of class VIII at SMPN 1 Sungai Penuh. The instrument used to measure the validity aspect of this LKPD is a validation sheet by material experts and media experts. To measure the practicality of this LKPD is a student response questionnaire. To measure the effectiveness of this LKPD, the results of the student learning test consist of 5 questions. The validity of the LKPD is assessed from the assessment of experts with a maximum score of 100 for each statement by the validator of media experts and material experts, this LKPD is given a score of 87 and is categorized as very valid, so that the LKPD can be tested. The practicality of the LKPD is based on a student response questionnaire with a maximum score of 100 for each statement, the average score obtained from student responses is 76.7 and is categorized as practical. The effectiveness of the developed LKPD in terms of student learning outcomes tests by giving 5 questions to class VIII students of SMPN 1 Sungai Penuh obtained a completeness percentage of 70% and is categorized as effective.

Keywords: Student worksheet, problem solving, circle.

References

Apertha, F., Zulkardi., Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open ended Problem pada materi segiempat kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika,12(2): 47-62.

Firdaus, M. Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1): 26-40.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Malang : CV Literasi Nusantara

Lathifah, M., Hidayati, B., Zulandri, N. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemic covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2):25-30.

Lestari, E.K, dkk. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Refika Aditama.

Maharani, S. Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemapuan pemecahan masalah peserta didik pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5): 819-826

Patnani, M. (2013). Upaya meningkatkan kemampuan problem solving pada mahapeserta didik. Jurnal Psikogenesis, 1(2): 130-142.

Sutama. (2013). Pengelolaan pembelajaran matematika sekolah standar nasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1): 1-15.

Sudirman., Maru, R. (2015). Implementasi model-model pembelajaran dalam bingkai penelitian tindakan kelas. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Downloads

Published

2022-07-29

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 271 times