PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

Authors

  • Andi Karlina STKIP Paris Barantai

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i3.3462

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif field-dependent (FD). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Kotabaru Semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek Penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIIc yang berjumlah 1 siswa dengan gaya kognitif field-dependent (FD). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, angket gaya kognitif, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian  yang diperoleh terkait profil kemampuan pemecahan masalah matematika subjek adalah sebagai berikut: 1) pada tahap memahami masalah, subjek dapat memahami pernyataan verbal dari masalah, tetapi tidak dapat mengubahnya ke dalam kalimat matematika, hanya mengikuti informasi yang sudah ada. 2) Pada tahap membuat rencana penyelesaian, subjek sudah menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang digunakan dengan benar. 3) pada tahap melaksanakan rencana, subjek dapat menyelesaikan masalah sesuai  dengan rencana yang telah dibuat, walaupun kurang terperinci karena masih terdapat langkah-langkah yang tidak dituliskan sampai didapatkan jawaban yang sebenarnya. 4) pada tahap melihat kembali, meskipun subjek sudah menyimpulkan jawaban dengan benar tapi subjek belum dapat membuktikan jawaban yang telah diperoleh.

Kata Kunci: Gaya Kognitif, Pemecahan Masalah

 Abstract

The type of research used in this research is descriptive qualitative research. This study aims to describe the profile of mathematical problem solving abilities based on field-dependent (FD) cognitive style. This research was conducted at SMPN 1 Kotabaru in the odd semester of the 2019/2020 academic year. The research subjects taken were students of class VIIc, totaling 1 student with a field-dependent (FD) cognitive style. Data was collected using cognitive style questionnaires, written tests, interviews, and documentation. The research results obtained related to the profile of the subject's mathematical problem solving ability are as follows: 1) at the stage of understanding the problem, the subject can understand the verbal statement of the problem, but cannot convert it into mathematical sentences, only following the existing information. 2) at the stage of making a settlement plan, the subject has written down the steps of completion that are used correctly. 3) at the stage of implementing the plan, the subject can solve the problem according to the plan that has been made, although it is less detailed because there are still steps that are not written down until the real answer is obtained. 4) at the stage of looking back, even though the subject has concluded the answer correctly, the subject has not been able to prove the answer that has been obtained.

Keywords: Cognitive Style, Problem Solving

References

Akhsani, L & Jaelani, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Snow Ball Throwing Pada Mata Kuliah Teori Graf. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 58-71. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/mtk/article/view/4075/0.

Prabawa, E.A, & Zaenuri. (2017) . Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. UJMER, 6(1), 120-129. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/18426.

Soleh, M. (1998). Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tiro, M.A. (2010). Cara Efektif Belajar Matematika. Makassar: Andira Publisher.

Downloads

Published

2022-08-02
Abstract viewed = 34 times