STUDI KASUS TINGKAT PERSEPSI SISWA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS METODE BRAINSTORMING DI SEKOLAH

Authors

  • Imelda Wardani Rambe STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i3.3454

Abstract

Siswa mempunyai persepsi bahwa matematika merupakan salah satu materi ajar yang cenderung sulit untuk dipahami, metode pembelajaran matematika yang dialami siswa juga monoton sehingga siswa merasa jenuh dalam belajar matematika. Kejenuhan siswa pada pembelajaran matematika menjadikan siswa pasif berpartisipasi dalam menerima materi ajar. Kepasifan tersebut membuat siswa sulit menyatakan pemahamannya terhadap materi ajarnya. Metode pembelajaran brainstorming merupakan sebuah inovasi pendekatan pembelajaran yang tepat digunakan pada pembelajaran matematika sehingga mengubah persepsi siswa yang cenderung menilai bahwa pembelajaran matematika itu menakutkan, membosankan dan tidak menarik menjadi sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang tingkat persepsi siswa SMP dalam pembelajaran matematika berbasis metode brainstorming. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini melibatkan sebanyak 25 orang siswa SMP Yayasan Pangeran Antasari Deli Serdang. Instrumen penelitian ini adalah angket persepsi siswa didukung dengan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan  menggunakan metode brainstorming menjadi positif pada setiap kelompok siswa. Dari hasil pengolahan data diperoleh persentase tingkat persepsi siswa adalah sebesar 81,44%, didukung dengan hasil observasi aktivitas siswa dalam kategori sangat baik terhadap pembelajaran matematika berbasis metode brainstorming. Artinya, persepsi siswa berada dalam kategori sangat tinggi.  

Kata Kunci: studi kasus, persepsi, pembelajaran  matematika, brainstorming

Abstract

Students have the perception that mathematics is one of the teaching materials that tends to be difficult to understand, followed by the method of learning mathematics experienced by students who are always monotonous so that students feel bored in learning mathematics. The saturation of students in learning mathematics makes students passively participate in receiving teaching materials. This passivity makes it difficult for students to express their understanding of the teaching material. The brainstorming learning method is an innovative learning approach that is appropriate for learning mathematics so that it changes the perception of students who tend to judge that learning mathematics is scary, boring and uninteresting to the contrary. This study aims to obtain information about the level of perception of junior high school students in learning mathematics based on the brainstorming method. This research is a quantitative descriptive research using case study method. The subjects in this study involved 25 students of the Junior High School’s Pangeran Antasari Foundation Deli Serdang. The instrument in this study was a student perception questionnaire supported by student activity observation sheets. The results of this study indicate that students' perceptions of learning mathematics using the brainstorming method are positive for each group of students. From the results of data processing, the percentage of students' perception level was 81.44%, supported by the results of observing student activities in the very good category of learning mathematics based on the brainstorming method. This means that students' perceptions are in the very high category.

Keywords: Case Study, Perception, Mathematics Learning, Brainstorming

References

Ansari. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Buzan. (2008). Buku Pintar Minp Map untuk Anak. Jakarta : Gramedia.

Freankel. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education Eighth Edition. US : McGraw-Hill.

Ike,. Siska, D. F., Ashari. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran POGIL Menggunakan Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Inferensi Logika Siswa. Universitas Muhammadiyah Magelang, 161–66.

Jordan, Ayan. (2002). Bengkel Kreativitas. Bandung : Kaifa.

Nurani, Y. (2003). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadji, S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2).

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Syaripah. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Bidang Matematika di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016. Jurnal EduTech, 2(2).

Walgito. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wardani, T, Nyoman. (2016). Penerapan Metode Brainstorming Dalam Rangka Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(3).

Downloads

Published

2022-07-29
Abstract viewed = 70 times