PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA BENGKULU TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN PRINSIP-PRINSIP MATEMATIKA

Authors

  • A Naashir M Tuah Lubis IAIN Padangsidimpuan, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.3297

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika bengkulu terhadap kemampuan pembuktian prinsip-prinsip matematika di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan nonequivalen control group desain. Popolasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2  Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 356 siswa. Sampel penelitian adalah  68 siswa dari kelas X MIPA A dan X MIPA D. Data hasil dari tes kemampuan prinsip-prinsip di uji prasyarat yaitu normalitas, homogenitas dan linieritas dan uji hipotesis yaitu anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika  bengkulu terhadap kemampuan pembuktian prinsip-prinsip matematika siswa di SMA N 2 Kota bengkulu dengan nilai F hitung 26,573 dan nilai sig (0,00) < α (0,05) . Besarnya pengaruh perlakuan terhadap kemampuan pembuktian prinsip-prinsip matematika adalah 29%.

 

Kata Kunci :   Matematika Realistik, Etnomatematika, Kemampuan pembuktian

 AbstractThis study aims to determine the effect of bengkulu-oriented realistic mathematical learning models on the ability to prove mathematical principles in the State High School 2 of Bengkulu City. This type of research is quasi-experimental research with nonequivalent control group design. Popolation in this study was class X students of SMA N 2 Kota Bengkulu academic year 2021/2022 with a total of 356 students. The research sample was 68 students from class X MIPA A and X MIPA D. The data from the ability tests of the principles were prerequisite tests, namely normality, homogeneity and linearity and hypothesis testing, namely anacova. The results showed that there was an influence of the Bengkulu ethnomatematic oriented realistic learning model on the ability to prove the mathematical principles of students in SMA N 2 in Bengkulu with a calculated F value of 26.573 and a sig (0.00) <α (0.05). The magnitude of the effect of treatment on the ability to prove mathematical principles is 29%.Keywords : Realistic Mathematics, Ethnomatematics, Prove Ability

References

REFERENSI

Afrida, A., & Haji, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dikelas Viiismpn 1 Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Al Muhari, R. (2008). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa. Yogyakarta

D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context problems in realistic mathematics education: A calculus course as an example. Educational studies in mathematics, 39(1-3), 111-129.

Haji, S, & M. Ilham Abdullah (2015) Membangun Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 4, No.1, Februari 2015.

Haji, S. (2008). Realistic Mathematics Education Apprroach Based On Culture Makes More Mathematics Concepts Meaningful. International seminar activity Mathematics and science Education at the State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta 28-19 Oktober 2008.

Haji, S. dan Abdullah, M.I. (2014). Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Menigkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Siswa. Laporan Penelitian. Universitas Bengkulu.

Haji, S. (2012). Model Bahan Ajar Matematika SMA Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pengajaran Matematika SMA di Provinsi Bengkulu. Proseding Seminar Nasional Universitas Pasundan. 21 Januari 2012. No. ISBN 978-602-19775-0-7. Hal.41

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14-23.

Herawati. D, W. Widada, T. Novita, L. Waroka, and A. N. M. T. Lubis, (2018) “Students ’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong , Indonesia Students ’ metacognition on mathematical problem solving through ethnomathematics in Rejang Lebong , Indonesia,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1088, no. 1, pp. 1–7.

Jumri, R., & Murdiana, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan (Manna-Bengkulu Selatan). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 86-92.

Khasanah, F. (2007). Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Keliling dan Luas Bangun Datar Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Yogyakarta

Lubis, A. N. M. T., & Widada, W. (2020). Kemampuan Problem Solving Siswa melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 127-133.

Lubis, A. N. M. T., & Yanti, D. (2018). Identifikasi etnomatematika batik besurek bengkulu sebagai media dan alat peraga penyampaian konsep kekongruenan dan kesebangunan. Wahana Didaktika, 16(3).

Lubis, A. N. M. T, Sefriyani, D, & Novita T. (2017). Etnomatematika Tradisi Tabut Dan Konsep Matematika. Prosiding Seminar Nasional 2017. Program Magister Pendidikan Dasar. Diseminarkan 9 November 2017. ISBN 978-602-8043-79-3

Lubis, ANMT, Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, KUZ, & Anggoro, AFD (2021). The ability to solve mathematical problems through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Dalam Jurnal Fisika: Seri Konferensi (Vol. 1731, No. 1, hal. 012050). Penerbitan IOP.

Moore, R.C. (1994). Making the transition to Formal Proof. Educational Studies in Mathematics, 27: 249-266.

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152-160.

Sabri, (2003), Prospective Secondary School Teachers’ Conceptions of Mathematical Proof in Indonesia, Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Curtin

Tall, D (1991) Adveced Mathematical Thinking. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers VanSpronsen, H. D. (2008). Proof Processes of Novice Mathematics Proof Writers. Disertasi pada The University of Montana Missoula

VanSpronsen, H. D. (2008). Proof Processes of Novice Mathematics Proof Writers. Disertasi pada The University of Montana Missoula

Widada, W, D. Herawaty, and A. N. M. T. Lubis, (2018) “Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students ’ cognitive level Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students ’ cognitive level,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1088, no. 1, pp. 1–8,.

Zulkardi. (2002). Development a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 289 times