PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS UNTUK SISWA SMA

Authors

  • Yuni Astuti
  • Ristontowi

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.2508

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini mengembangkan soal-soal kemampuan penalaran matematis yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan research and development dengan model Tessmer (modifikasi Zulkardi, 2006) yang terdiri dari tahap preliminary, self evaluation, expert review dan one-to-one, small group dan field test. Penelitian ini hanya sampai  pada tahap small group. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa dokumen, lembar validasi, lembar komentar/saran dan prototype. Kevalidan soal dilihat dari hasil analisis penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan soal-soal dikembangkan baik berdasarkan konstruk, konten dan bahasa. Keterbacaan soal dilihat dari tahap one-to-one. Setelah selesai pada tahap one-to-one dilanjutkan pada tahap small group yaitu uji coba prototype II kepada 30 orang siswa SMA kelas X. Penelitian  ini  menghasilkan soal-soal  penalaran  matematis yang  valid  dan  praktis.  

Kata kunci: Pengembangan Soal Kemampuan Penalaran Matematis.

 

Abstract

The purpose of this study is to develop problems of mathematical reasoning skills that are valid and practical. Research methods used research and development with tessmer model (modification Zulkardi, 2006) consisting of preliminary stages, self evaluation, expert review and one-to-one, small group and field test. This research only reached the small group stage. The subjects of this study were 30 students of class X. This study used instruments in the form of documents, validation sheets, comment sheets / suggestions and prototypes. The validity of the problem is seen from the results of the validator assessment analysis on the validation sheet that states the problems are developed both based on construct, content and language. The readability of the question is viewed from the one-to-onestage. After completion in the one-to-one stage continued in the small group stage, namely the prototype II trial to 30 students of high school class X. This research produces valid and practical mathematical reasoning problems.

Keywords: Development of Mathematical Reasoning Skills.

References

REFERENSI

Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction To Measurement Theory. California: Cece Munshon.

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.

Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

El Hakim, L., & Pinta Deniyanti Sampoerno. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Materi SPLDV di Kelas VIII-1 SMPN 3 Tangerang Selatan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 30–36. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.05

Erviana, T. (2019). Penalaran Siswa SMP dengan Gaya Kognitif Field Dependent dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Prosiding Silogisme, 1(1).

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 6–12.

Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.76

Salmina, M. & S. K. N. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender Pada Materi Geometri. Https://Ejournal.Bbg.Ac.Id/Numeracy/Index, 5(1), 1–8.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1),1–10. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. London: Kogan Page

Zulkardi, 2006. "Formative Evaluation: what,why, when, and how". Diambil 27 Januari 2021 (http://www.oocities.org/zulkardi/books.html).

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 200 times