ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Authors

  • Selvi Riwayati
  • Hartrilia Andarini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.2437

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang digunakan untuk menggambarkan persentase kesalahan. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII D SMP Negeri 01 Mukomuko yang kemudian peneliti memilih 4 siswa yang paling banyak melakukan kesalahan dan digunakan sebagai subjek wawancara untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Soal tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal essay sebanyak 5 butir soal yang telah divalidasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis kesalahan siswa, persentase kesalahan yang dilakukan siswa adalah: 1) kesalahan membaca 0%, 2) kesalahan memahami masalah 40%, 3) kesalahan transformasi 26%, 4) keterampilan proses kesalahan 59,3%, 5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 77,3%. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah kesalahan penulisan jawaban akhir. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa kelas VII D SMP Negeri 01 Mukomuko yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan.

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Newman, Perbandingan

Abstract

The purpose of this study was to describe the types of errors and the causes of students making mistakes in solving story problems in comparative material. This research is a qualitative and quantitative research used to describe the percentage of errors. The subjects of this study were 30 students of class VII D SMP Negeri 01 Mukomuko which then the researchers chose 4 students who made the most mistakes and were used as interview subjects to find out the factors that caused students to make mistakes. Data collection techniques used are test and interview techniques. The test questions used in this study were essay questions of 5 items that had been validated by the validator. The data analysis technique used in this research is data reduction, data presentation and conclusion drawing. From the results of the analysis of student errors, the percentage of errors made by students were: 1) reading errors of 0%, 2) errors in understanding the problem of 40%, 3) transformation errors of 26%, 4) process skill errors of 59,3%, 5) the writing error of the final answer is 77,3%. The most common mistakes made were errors in writing the final answer. Based on the description above, it can be concluded that there are still many students of class VII D SMP Negeri 01 Mukomuko making mistakes in solving story problems on the subject of comparison.

Keywords: Error analysis, Newman, Ratio

References

REFERENSI

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 151–162.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53–64.

Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 01(02), 15–22.

Irawan, Y., Jamiah, Y., & Nursangaji, A. (2014). Profil Penyelesaian Soal Cerita Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(6), 1–13.

Jami, M. P., Murniasih, T. R., & Yuwono, T. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 1–9.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Lanya, H. (2016). Pemahaman Konsep Perbandingan Siswa SMP Berkemampuan Matematika Rendah. Zigma, 2(1), 19–22. https://doi.org/10.31597/ja.v3i2.142

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Nurdiawan, R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman. Journal On Education, 01(03), 128–135.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Rismayantini, Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2021). Analisis Epistemologi Obstacle Pada Materi Perbandingan Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 81–90. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.81-90

Satoto, S., Sutarto, H., & Pujiastuti, E. (2012). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education., 1(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i2.1757

Surya, I. T. M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Newman di Kelas VII SMP NU Bululawang. Jurnal Terapan Sains & Teknologi (RAINSTEK), 1(1), 25–33.

White, A. L. (2009). A revaluation of Newman ’ s error analysis, 249–257.

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 239 times