PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA KULIAH KALKULUS II

Authors

  • Ayu Yarmayani Universitas Batanghari Jambi
  • Risma Simamora Universitas Batanghari

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2224

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di Perguruan Tinggi menuntut dosen untuk mampu menciptakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Subjek penelitian ini adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi semester II (dua).  Sedangkan, objek penelitian adalah kelayakan media pembelajaran yang meliputi aspek materi, aspek pembelajaran, aspek tampilan dan aspek penyajian media. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu modifikasi model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan media pembelajaran Powerpoint pada mata kuliah Kalkulus II di Universitas Batanghari Jambi merujuk pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implement) dan Evaluasi (Evaluate); (2) Kelayakan media pembelajaran Powerpoint pada mata kuliah Kalkulus II di Universitas Batanghari Jambi berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh rerata seluruh aspek yaitu 4,58 sehingga materi pembelajaran powerpoint sangat layak digunakan pada proses pembelajaran. Selanjutnya, berdasarkan penilaian ahli media memperoleh rerata 4,67 sehingga media pembelajaran powerpoint sangat layak digunakan pada proses pembelajaran; dan (3) Kelayakan media pembelajaran Powerpoint pada mata kuliah Kalkulus II berdasarkan penilaian mahasiswa memperoleh rerata seluruh aspek yaitu 4,32 sehingga media pembelajaran Powerpoint sangat layak digunakan pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Powerpoint, Kalkulus II

 

Abstract

The implementation of distance learning in higher education requires lecturers to be able to create an active, innovative, creative and fun learning process. The subjects of this research are onematerial expert, one media expert and second semester (two) students of the mathematics education studi program, faculty of teacher training and education Batanghari Jambi University. Meanwhile, the object of research is the feasibility of learning media which includes material aspects, learning aspects, display aspects and media presentation aspects. The research procedure used is the modification of the ADDIE development model. The result of this study are: (1) The process of developing powerpoint learning media in Calculus II course at the University of Batanghari Jambi refers to the ADDIE development model which consists of 5 (five) stage, namely analysis, design and development, implementation (implement) and evaluation (evaluate); (2) The feasibility of powerpoint learning media in Calculus II course at Batanghari University Jambi based on the assessment of material experts obtained an average of all aspects of 4,58 so that powerpoint learning materials are very suitable for use in the learning process. Furthermore, based on the assessment of media experts,it obtained an average of 4,67 so that the powerpoint learning media was very suitable to be used in the learning process; and (3) The feasibility of powerpoint learning media in the Calculus II course based on student assessments obtained an average of all aspects of 4,32 so that powerpoint learning media is very feasible to be used in the learning process.

Keywords: Development, Powerpoint Learning Media, Calculus II

References

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhie. (2007). Rangkuman Buku Media Pembelajaran. http://neozonk.blogspot.com/2007/11/rangkuman-buku-media-pembelajaran

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Damayanti, P.A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Jurnal Kreano, Volume 10 Nomor 2 Tahun 2019.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Jurnal Delta, Volume 8 Nomor 2 Juli 2020.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Isroi. (2008). Desain Presentasi Efektif. http://isroi.files.wordpress.com/2008/03/desain-presentasi-efektif.pdf

Marfuah, S., Zulkardi., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint disertai Visual Basic for Application Materi Jarak pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang, Volume 1 Nomor 1 Agustus 2016.

Ngalimun. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Rumampak, D.B. (1988). Media Instruksional IPS.. Jakarta: Dirjen Dikti. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Depdikbud.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2005). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, dkk. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Ketaksamaan Nilai Mutlak. Jurnal Peluang, Vol. 3 No. 2 April 2015

Downloads

Published

2022-02-01

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 71 times