KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN TREFFINGER

Authors

  • Rimson Simbolon Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Zachriwan Zachriwan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1685

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping , model pembelajaran Treffinger dan model pembelajaran konvensional; dan untuk mengetahui model pembelajaran yang mana lebih baik antara model pembelajaran Mind Mapping , model pembelajaran Treffinger,  dan model pembelajaran konvensional dalam pencapaian  kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 02 Lebong dan sampel penelitian ini diambil 3 kelas yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas ekspremen 1 diberi model pembelajaran Mind Mapping, kelas VIII C sebagai kelas eksprimen 2 diberi model pembelajaran Treffinger, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Anava Satu Jalur (One Way Anava ) dan dilanjutkan dengan uji  BNT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang memperoleh model pembelajaran Mind Mapping, model pembelajaran Treffinger, dan model pembelajaran konvensional. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran Treffinger lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional,  sedangkan pasangan perlakuan antara model pembelajaran  Mind Mapping dengan  model pembelajaran Treffinger tidak memberikan hasil kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbeda.

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Mind Mapping, Treffinger.

References

As’ari, A.R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku Guru: Matematika untuk SMP/MTs VII Semester I. Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud.

Buzan. (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Megawati. (2010). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Treffinger. Skripsi. Tidak diterbitkan.PPs Univeritas Bengkulu.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Cetakan ke-2. Bandung: Tarsito.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovativ dalam K13. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Surabaya: Media Pendidikan Matematika Nasional.

Suherman, E. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Siswono, T.Y.E., & Rosyidi, A.H. (2005). Menilai Kreativitas Siswa dalam Matematika. Proseding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Unesa.

Wahyuni, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMPN 2 Percut Sei Tuan T.A. 2013/2014. Skripsi. Tidak diterbitkan. UNIMED.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 175 times