PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN WORKING BACKWARD DISERTAI PARTISIPASI MUSIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Condro Endang Werdiningsih Universitas Indraprasta pgri
  • Astri Irma Yunita universitas indraprasta pgri
  • Ulfah Hernaeny universitas indraprasta pgri

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i2.1428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran working backward yang disertai dengan partisipasi musik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran working backward, Sedangkan, pada kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran resitasi terstruktur. Partisipasi musik artinya siswa diberikan perlakuan dengan cara mendengarkan alunan musik dengan volume nada yang telah diatur selama proses penugasan berlangsung. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran working backward lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran resitasi terstruktur. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran working backward disertai partisipasi musik lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran working backward non musik (3) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran resitasi terstruktur disertai partisipasi musik lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran resitasi terstruktur non musik. (4) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran working backward disertai partisipasi musik lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran resitasi terstruktur disertai partisipasi musik.

Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematika, Strategi pembelajaran working backward, Partisipasi musik

References

Abrianti, N. A., & Setyaningrum. W. (2017). Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Model Brain Based Learning Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kemampuan Metakognisi Siswa. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from ePrints@UNY (Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta: https://eprints.uny.ac.id/53988/

Alzahari. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Model Alberta untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from Repository Indonesia of University Education: http://repository.upi.edu/29093/

Aminati, Y. R., & Ali, M. (2017). Telaah Buku Teks Pelajaran Matematika SMP KELAS VII Kurikulum 2013. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from ePrints@UNY (Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta): http://eprints.uny.ac.id/50163/

Baher, H. (2017). The Homework Problem and What Teachers Can Do about It. SIT Digital Collection, 1-50.

Baroroh, U. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kreatifitas Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Retrieved from ePrints@UNY (Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta: https://eprints.uny.ac.id/12706/

Celebiouglu, A., Balci, R., Engin, R., & Kucoglu, S. (2010). Violence experienced by Turkish nursing students in clinical settings: Their emotions and behaviors. Nurse Education Today, 2960-2968.

Claudia, L. F. (2017). Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Prosedural Siswa Kelas VIII Melalui Media Flash Player. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 1(1), 26-31.

Devi, A. Y. (2017). Pengaruh Pendekatan Pemecahan Masalah Strategi Working Backward terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Eriana, Kartono, & Sugianto. (2019). Understanding Ability of Mathematical Concepts and Students’ Self-reliance towards Learning by Implementing Manipulative Props (APM) on Jigsaw Technique. Journal of Primary Education, 176-183.

Fatqurhohman. (2016). Transition Process of Procedural to Conceptual Understanding in Solving Mathematical Problems. International Education Studies, 9(9), 182-190.

Hallam, S., & Holmes, S. (2017). The impact of participation in music on learning mathematics. London Review of Education, 15(3), 425-438.

Harmon, L., Troester, K., Pickwick, T., & Pelosi, G. (2008). The Effects of Different Types of Music on Cognitive Abilities. Journal of Undergraduate Psychological Research, 41-46.

Kadir. (2015). Statistika Terapan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Luknanto, D. (2019). Permendiknas No. 81A Tahun 2013. Retrieved from Bahan Kuliah, Artikel, Tautan Universitas Gadjah Mada: https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A-2013ImplementasiK13Lengkap.pdf

Mardiana, S., Susiswo, & Hidayanto, E. (2016). Pemahaman Instrumental dan Relasional Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Turunan. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 67-76.

medcom.id. (2018, Juli 30). Mendikbud Izinkan Penghapusan PR, Tapi Dengan Syarat. Retrieved from medcom.id: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/xkEnPr9K-mendikbud-izinkan-penghapusan-pr-tapi-dengan-syarat

Mulyono, B., Kusumah, Y. S., & Rozjanuardi, R. (2019). Cara Identifikasi Pengetahuan Prosedural dan Pemahaman Konseptual Mahasiswa terhadap Materi Limit. Jurnal Pendidikan Matematika, 19(1), 73-82.

Nafis, Z., Ardiyani, D. K., & Hidayat, E. (2011). Penerapan Metode Resitasi pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Tema Identitas Diri Kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1-6.

Ozdemir, G. (2017). Effect of pop music on students’ attitudes to music lessons. Academic Journal, 884-890.

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva , S. (2014). "An analysis of elementary school students’ difficulties in mathematical problem solving". Procedia - Social Behavioral Sciencs, 116, 3169-3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Pienaar, D. (2012). Music Therapy for Children with Down Syndrome:Perceptions of Caregivers in a Special School Setting. KAIRARANGA, 36-43.

Reyes, J. D., Insorio, A. O., Ingreso, M. L., & Gutierrez, C. R. (2019). International Journal of Educational Studies in Mathematics, 2019, 6(1), 1-181© 2019International Journal of Educational Studies in Mathematics(IJESIM) is a publication of EDUGARDEN Conception and Application of Contextualization in Mathematic. International Journal of Educational Studies in Mathematic, 6(1), 1-18.

Shapiro. (2016). Problem Solving Working Backwards Blake Education. Retrieved from https://www.blake.com.au/v/vspfiles/downloadables/blake-topic-bank-working-backwards.pdf

Sulistyowaty, R. K., Kusumah, Y. S., & Priatna, B. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 153-162.

Suratno, J. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Perangkat Lunak Matematika Dinamis Geogebra terhadap Kemampuan Penemuan Matematis Siswa SMP. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Retrieved Juli 21, 2017, from Repository UPI Central Library: http://repository.upi.edu/23844/

Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau dari Teori Konstruktivisme pada Materi Segiempat. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185-200.

Song, A. A., & Daniel, A. T. (2015). Music activities as a meaningful context for teaching elementary students mathematics: a quasi-experiment time series design with random assigned control group. European Journal of Science and Mathematics Education, 45-60.

Song, A. A., Tillman, D. A., Siemssen, A., Zhang, M., Lesser, L. M., & Tinajero, J. V. (2016). Learning to Teach Music-themed Mathematics:An Examination of Preservice Teachers’ Beliefs about Developing and Implementing Interdisciplinary Mathematics Pedagogy. Mathematics Teacher Education and Development, 18(1), 20-36.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 279 times