PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1325

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Gansal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Instrumen penelitian berupa tes observasi dan pemahaman konsep matematika. Hasil tes pemahaman konsep matematika dianalisis kemudian dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan KKM yang ditentukan untuk mata pelajaran matematika adalah 72. Berdasarkan uji hipotesis penelitian, data hasil pemahaman konsep matematika siswa diperoleh pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Dari 43 siswa tersebut, jumlah siswa yang mencapai KKM pada prasiklus sebanyak 22 siswa atau 51,18%, siklus I sebanyak 24 siswa atau 55,81%, dan siklus II sebanyak 35 siswa atau 81,40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.

Katakunci: pemahaman konsep matematika, model pembelajaran kooperatif tipe make a match

References

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga BONGPAS. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20.

Ferdiana, V., Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. In: SINASIS (Seminar Nasional Sains).

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (Pair Checks). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.

Khoiri, M. (2014, November). Pemahaman siswa pada konsep segiempat berdasarkan teori van Hiele. In Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember (Vol. 19).

Kusmanto, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 32-42.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Proses Isi. (2006). Jakarta: Depdiknas

Septian, A., Maghfirah, D., & Sumirah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 66-77.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistika Pendidikan. Rajawali : Jakarta

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Tarsito : Bandung

Sundari, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 227-234.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.

Ubaidah, N. (2016). Pemanfaatan CD pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran make a match. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 4(1), 53-70.

Downloads

Additional Files

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 236 times