PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Mishazariah Mishazariah SMA N 7 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1233

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier  nilai mutlak satu variabel. Hasil belajar matematika siswa tentang persamaan dan pertidaksamaan linier nilai mutlak satu variabel masih tergolong renda. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing. Model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing menuntut siswa untuk membuat pertanyaan dimana pertanyaan tersebut dijawab sendiri oleh siswa, pertanyaan dibuat berdasarkan pertanyaan dari guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X.MIA.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas X.MIA.2 di SMA N 7 Kota Bengkulu mengalami peningkatan dengan penerapan model problem posing tipe pre solution posing. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat berdasarkan hasil tes akhir tiap siklus nilai rata-rata pada siklus I adalah 71,77 dengan ketuntasan belajar klasikal 43,33%, pada siklus II meningkat menjadi 76,64 dengan ketuntasan belajar klasikal 60,61 %, dan pada siklus III meningkat menjadi 83,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,35%.

Kata kunci: problem posing, pre solution posing

References

Abra, A. (2018). Problem Possing Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengeahuan Alam, 2(2), 85-94

Aqib, Z. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya.

Astra, I.M., Umiatin., Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8,135-143

Husnaini, S. J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statik Kelas X MAN Bangkalan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2).

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurukulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silver, E.A & Cai, J. 1996. An Analisis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education, 27(5).

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 126 times