PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE

Authors

  • Relawati Relawati Universitas Batanghari Jambi
  • Sri Dewi Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1086

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ada di lokasi penelitian.  Berdasarkan hasil observasi awal di MAN Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, fakta yang diberikan masih rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa, terlihat dari jawaban soal yang diberikan. Hal ini disebabkan oleh guru yang lebih aktif dalam proses belajar mengajar, sedangkan siswa hanya ditempatkan sebagai penerima informasi saja. Sesuai dengan masalah yang diteliti maka metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian eksperimen karena adanya hubungan sebab akibat antara dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIA Semester Genap tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning dalam mengajarkan matematika pokok bahasan polynomial (suku banyak)  pada kelas XI MIA MAN Sungai Gelam  yaitu: (1) Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai kemampuan penalaran matematis siswa kelas sampel pada materi polynomial (suku banyak) untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining memperoleh rata-rata 75  dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran inside outside circle memperoleh rata-rata 67. Berdasarkan hasil akhir dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran  matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning lebih tinggi dari model pembelajaran inside outside circle  kelas XI MIA MAN Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Kata kunci: kemampuan penalaran, Student Facilitator And Explaining, inside outside circle 

Author Biography

Relawati Relawati, Universitas Batanghari Jambi

FKIP PRODI Pendidikan matematika

References

Aris, shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Alamsyah (2000) Suatu Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analogi Matematika. Tesis. Bandung: UPI.

Dahlan, Jarnawi A. (2004) Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) melalui Pendekatan Pembelajaran Open-Ended. Disertasi. Bandung: UPI.

Huda,Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hurley. (1982) Logic. California: Wadsworth Publishing Company.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada Perss.

Matlin, W. (1994) Cognition. United State: Holt, Rinehart and Winston, Inc.

NCTM, (2000) Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, (2007).Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Algensindo

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utari. (1987) Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA Dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi. Bandung: UPI.

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 191 times