ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR SISWA KELAS X OTP 2 SMK NEGERI 1 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Putri Mela Sari STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Idul Adha STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Efuansyah Efuansyah STKIP PGRI Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan, faktor-faktor penyebab kesalahan serta solusi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi program linear. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konseptual (57%), kesalahan prosedural (62%), dan kesalahan komputasi (73%). Berdasarkan hasil wawancara penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu: Siswa tidak paham dengan maksud soal, siswa kurang cermat dan teliti dalam membaca soal, siswa kurang percaya diri dalam menjawab soal, siswa kurang memahami konsep dari program linear, siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal, dan siswa tidak terbiasa membuat kesimpulan akhir jawaban.

Kata Kunci: analisis kesalahan, soal cerita, program linear.

References

Adha, I & Refianti, R. (2018). Missouri Mathematics Project Berbasis Soal Open Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 135-143.

Aly, B.F.N., Sujadi, AA., & Taufik, I. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Matematika. 7 (1), 135-144.

Amilia, Dwi Putri & Yarman (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VII SMP N 22 Padang dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 8 (2), 11-17.

Doren, A.P.N., Sumadji, & Farida, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Penyelesaian Polya. Seminar Nasional FST 2019, 2, 670-677.

Efuansyah., Wahyuni, R., Friansah, D & Wulandari, T.A. (2020). Model Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. 6 (1), 54-62.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2), 42-52.

Fatahillah, A., Wati, Y.F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8 (1), 40-51.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Irawati, S. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memecahkan Masalah Program Linear. Sigma. 1 (1), 29-34.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Muelaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU, 1 (1), 18-36.

Rahmawati, D & Permata, L.D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 5 (2), 173-185.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALPABETA, cv.

Sulistyowati, A., & Sujadi, A.A. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal, Sudut, Luas, dan keliling Segitiga Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Melati, Sleman. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (3), 265-274.

Wijaya, A. A., & Masriyah (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV. E-journal UNESA, 2 (1), 1-8.

Zaidy, F & Lutfianto, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 297-303.

Downloads

Additional Files

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 255 times