PENGARUH PEMBELAJARAN KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BERBASIS MASALAH

Authors

  • Puji Astuti STKIP Insan Madani Airmolek
  • Anggi Saputra STKIP Insan Madani Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i1.1015

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa baik itu ketika mengerjakan soal sendiri, maupun dikerjakan secara berkelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi langsung, dimana peneliti melakukan kontak langsung dengan responden melalui tatap muka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Siswa diberikan tes terkait dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Tes ini dimaksud untuk  mengetahui kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dan wawancara dilakukan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa yang berada pada kelompok dapat saling bertukar pikiran dalam memahami konsep matematika materi sistem persamaan linier dua variabel daripada siswa yang mengerjakan soal secara  mandiri. Dapat disimpulkan pembelajaran kelompok mempermudah siswa dalam memahami konsep karena adanya proses pertukaran pikiran saat memahami konsep dari suatu masalah.

Kata Kunci: Konsep, Kelompok, Masalah

Author Biography

Puji Astuti, STKIP Insan Madani Airmolek

Dosen Pendidikan Matematika

References

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka

Bruno, F, J. (2010). IstilahKuncipsikologi. Yogyakarta: Kanisius.

Devis, Keith and Newstrom. (2001). Perilaku Dalam Organisasi, Edisi ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati. (2002). Belajar Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S.,B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif5(1): 39.

Liker, Jeffrey K, dan David Meier. (2006). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jennifer, M.George., and Jones. Gareth. R. (2012). Understanding and Managing Organizational Behaviour. Sixth Edition. Pearton Education, Inc, New Jersey.

Jhonson dan Rising. (2006). Guidelines For Teaching Mathematics. Belomnt: Wodsworth Publlishing Company.

Johan, B., N. (2008). Metode Penelitian Ilmu Hukum.Bandung :Mandar Maju.

Mc Shere, S, L. and Glinow, M, A. (2007). Organizational behavior Fourth Edition. McGRAW-Hill International, United States of America.

Mukminan, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti): Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional dan Sumber Belajar Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Murizal. (2002). Pemahaman Konsep Matematika. Jakarta: PT Asli Mahasatya.

Nawawi, H & Hadari, M.M, (1992). Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahmawati, A.D. (2015). Kepetahuan Santri Terhadap Aturan di Pondok Pesantren Modern.Skripsi. Surakarta: UMS.

Robert, K. (2005). Kemampuan menurut para ahli.http://triakurniaa.blogspot.com/2016/12/pengertian-kemampuan-menurut-para-ahli.html?m=1. Diakses 25 juli 2020.

Salamun. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Setiani, A dan Donni, J, P. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model. Pembelajaran: Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2005). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka Karya.

Sutikno, S. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect

Suryono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Wardhani. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Yunuka, L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika MahasiswaMelalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa(LAM) Berbasis TeoriApospadaMateri Turunan. Universitas PGRI Palembang. Edumatica Volume 06 Nomor 01 April ISSN 2088-2157.

Downloads

Published

2021-01-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 200 times