KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE SQ3R SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2021/2022

KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN METODE SQ3R SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Mahdijaya - Mahdijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Man Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Desilia
  • Sakroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan membaca pemahaman dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IX SMP Negeri 09 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif  kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Sampel penelitian yaitu kelas IX B SMP Negeri 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R siswa kelas IX B SMP Negeri 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 pada aspek survey memperoleh persentase keseluruhan siswa sebesar 80% dengan kriteria baik sekali. Pada aspek question memperoleh persentase sebesar 76% dengan kriteria baik. Pada aspek read siswa memperoleh persentase keseluruhan 70% berada pada kriteria baik, sedangkan  pada aspek recite memperoleh persentase keseluruhan yaitu 74% dengan kriteria baik. Kemampuan siswa kelas IX B tahun ajaran 2021/2022 dalam membaca pemahaman dengan metode SQ3R secara keseluruhan dengan  nilai rata-rata 75% berada pada kriteria baik.

Kata Kunci : metode SQ3R, kemampuan membaca,  siswa SMP kelas IX

Downloads

Published

2022-12-31
Abstract viewed = 50 times