PENELITIAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Authors

  • Yuneva Universitas Prof Dr. Hazairin Bengkulu
  • Esva Universitas Prof. Dr. Hazairin Bengkulu

Abstract

Abstrak

Kebijakan modifikasi sistem pembelajaran   yang aman, efesien dan efektif diperlukan untuk mengedepankan mutu pendidikan demi mencegah Learning loss paska pandemic. Hal ini dilakukan agar mencegah serangan psikologis, degradasi intelektual dan karakter  perserta didik. Beberapa permasalahan yang muncul seperti kemampuan penguasaan teknologi tenaga pendidik dan peserta didik, literasi dan digital skills, kesenjangan ekonomi peserta didik,  Efektiftas pembelajaran daring, hambatan komunikasi   media digital,  Culture Shock, dan Kebijakan pemerintah yang terus dinamis dan berubah.

Tujuan umum dalam penelitian ini menemukan modifikasi sistem pembelajaran terbaik  melalui analisa mendalam kualitatif agar menjadi sebuah dasar kebijakan dalam menyusun strategi dan inovasi secara akademis baik teknis dan non teknis.   Metode penelitian yang digunakan  adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.

Dapat disimpulkan dalam  mencegah learning loss perlu sebuah formulasi hasil dari evaluasi berupa Modifikasi Sistem Pembelajaran, Pemetaan berdasarkan zona wilayah, Pelatihan Bimtek Melek Literasi Digital kepada Pendidik dan Peserta Didik, Support insitutusi,  Penerapan Metode pembelajaran idel,  aturan yang tegas, jelas dan ketat serta Modifikasi dan improvisasi gaya pembelajaran

Downloads

Published

2022-07-22
Abstract viewed = 72 times