EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VI D SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Titien - Komaryati

Abstract


Abstrak

Penelitian tentang upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn pada materi meneladani nilai-nilai perjuangan dalam perumusan Pancasila melalui pembelajaran kooperatif tipe make a macth di kelas VI D SDN 16 Kota Bengkulu pada tanggal 2 September s/d 25 November 2019 di SDN 16 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn pada materi meneladani nilai-nilai perjuangan dalam perumusan Pancasila siswa kelas VI D SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa motivasi siswa mencapai rata-rata 31,81 dengan kriteria sedang dan prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan belajar 73,68% pada siklus 1. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa motivasi siswa mencapai rata-rata 47,13% dengan kriteria tinggi dan pretasi belajar siswa mencapai ketuntasan belajar 86,84%. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa kelas VI D SD Negeri 16 Kota Bengkulu pada materi sistem pemerintah pusat.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afandi. M. 2011. Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah setting penelitian Tindakan kelas pendidikan Dasar dan Umum. Bandung : Alfabeta

Chamim. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta : Majelis Pendidikan Tinggi Pusat Muhammadiyah

Djamarah, SB. 2005. Guru dan anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ari, S. ( 2006 ). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Bestari, P. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan: menjadi warga negara yang baik 4 untuk kelas IV Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Pusat Perbukuan

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hanafiah, dkk. 2010. Konsep strategi pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.

Lie, A. 2010. Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas ). Jakarta : Gramedia

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Sardiman. 2010. Interaksi dn motivasi belajar mengajar.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta :

Rineka Cipta.

Sudjana,N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.

Suciati, dkk. 2007. Belajar dan pembelajaran2. Jakarta : Universitas Terbuka Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM

Tanireja, dkk. 2009. Pendidikan Kewaganegaraan. Bandung : Alfabeta

Uno, H. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Purwanto, N. 2010. Prinsip-prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v9i1.1751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lateralisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.