KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII-5 SMPN 14 KOTA BENGKULU

St. Asiyah - St. Asiyah, Dita - Oktaviani

Abstract


Kata Kunci: kemampuan, menulis, teks laporan hasil observasi

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII-5 SMPN 14 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  kemampuan menulis siswa kelas VII-5 berdasarkan aspek struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMPN 14 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian adalah: 1) mengoreksi, 2) menghitung nilai rata-rata, 3) menghitung presentase tingkat kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas VII-5 SMPN 14 Kota Bengkulu berdasarkan penjumlahan keseluruhan nilai rata-rata pada aspek struktur dan kaidah kebahasaan teks hasil observasi siswa adalah 74 dan berada pada skala 60%-74%, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII-5 SMPN 14 Kota Bengkulu termasuk ke dalam kategori cukup.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dini,M., Mulyanto, W., & Ni Nyoman, WS. 2014. “Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMPN 13 Bandar Lampung”. Jurnal ilmiah. Kata (bahasa,sastra, dan pembelajarannya). Vol 2(3): Dalam http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index/BINDO1/article/view/74420. Diakses pada 26 Februari 2019.

Gustian, Ade. 2009. Pengertian-Ciri-dan-Penggunaan-Kalimat-Efektif. Dalam: http://adegustian.blogsome.com/2009/02/02/pengertian-ciri-dan-penggunaan-kalimat-efektif. Diakses pada 23 Maret 2019

Kemendikbud. 2016. Buku Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komaruddin. 2000. Pengkajian Pembelajaran Indonesia. Jakarta: Gasindo.

Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi . Yogyakarta: BPFE

¬________. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Indonesia dan sastra Indonesia . Yogyakarta: BPFE.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut?. Yogyakarta: Kanisius.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Mirnawati. 2017. “Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Media Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lilirilau Kabupaten Soppeng”. Skripsi. Makasar. FKIP UNM. Dalam

http://eprints.unm.ac.id/7836/. Diakses pada 28 Januari 2019.

Yunus, dkk.2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v9i1.1716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lateralisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.