Penerapan Prinsip Komunikasi Qaulan Sadida Dalam Dakwah Ustadz Adi Hidayat Di Channel Youtube Adi Hidayat Official

Authors

  • Nazar Nazar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Qoulan Sadida

DOI:

https://doi.org/10.36085/joiscom.v3i2.3774

Abstract

 

Perkembangan media digital pada saat ini tentu dapat digunakan sebagai media dalam berdakwah untuk memperluas cakrawala dakwah. Kegiatan dakwah pada saat ini sangatlah berkembang hingga dapat memanfaatkan media sosial seperti youtube. Da’i yang memanfaatkan youtube sebagai media dakwah salah satunya adalah Ustadz Adi Hidayat yang memiliki kanal resmi bernama Adi Hidayat Official dengan tim khusus yang mengelola akun tersebut. Qaulan sadida (Q.S. [4] : 9) memiliki arti perkataan yang benar, tegas, jujur, lurus, dan tidak berbelit belit. Adapun pada penelitian ini, kata Qaulan sadida memiliki 4 tanda yaitu perkataan yang benar, tegas, jujur dan tidak berbelit belit. Ini menjadi ukuran bahwa prinsip komunikasi ini diterapkan atau tidak oleh Ustadz Adi Hidayat dalam dakwahnya melalui youtube.

  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis isi secara deskriptif. Teori analisis isi yang digunakan pada penelitian ini adalah teori analisis isi menurut Holsti yang menyatakan bahwa kajian isi adalah teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha mengidentifikasi karakteristik pesan yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini berupa tayangan video dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam Channel youtube Adi Hidayat Official dengan judul yaitu   khusyuk dalam sholat, 5 manfaat sholat bagi kehidupan, dan bahagia dalam naungan Al Qur’an dan As Sunnah. Adapun data sekunder diperoleh dari aneka jenis karya tulis baik buku, jurnal, hingga artikel pemberitaan Adi Hidayat yang dapat menunjang penelitian ini. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Adi Hidayat menerapkan prinsip komunikasi qaulan sadida berdasarkan 4 tanda yaitu perkataan yang benar, perkataan yang tegas, perkataan yang jujur dan tidak berbelit belit.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Nazar, N., & Qoulan Sadida. (2022). Penerapan Prinsip Komunikasi Qaulan Sadida Dalam Dakwah Ustadz Adi Hidayat Di Channel Youtube Adi Hidayat Official. JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 3(2). https://doi.org/10.36085/joiscom.v3i2.3774
Abstract viewed = 640 times