PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (Studi di Desa Tungkal II Kec. Pino Raya Kab. Bengkulu Selatan)

Authors

  • Resy Desvera Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu Program Studi Administrasi Publik FISP Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ju’im Thaap

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Di Desa Tungkal II Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu metode yang melakukan analisis dan interpretasi kata-kata dan hasil interview dengan tujuan untuk menemukan makna dari suatu fenomena. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman.Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada Enam indikator dalam Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yaitu pada Proses sosialisasi dilakukan dengan cara mensosialisaikan kepada masyarakat mengenai kriteria-kriteria calon penerima program tersebut, meskipun demikian masih ada masyarakat yang tidak mengetahui prosesnya. Pada Proses pendataan dan penetapan calon penerima program terdapat kisruh antara masyarakat dengan pemerintah Desa sehingga dilakukan Musyawarah Desa sebanyak tiga kali dan ditetapkan data sebanyak 88 orang yang menerima program tersebut. Metode dan mekanisme penyaluran dilakukan secara langsung kepada masyarakat melalui prosedur yang telah ditetapkan. Proses pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa berjalan cukup baik dan secara teratur selama tiga bulan berturut-turut serta tanpa adanya potongan. Pemanfaatan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa masih digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Evaluasi Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa juga dinilai sudah cukup baik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

 

Kata Kunci: Program Bantuan; Dana Desa

References

Rahmawati, Ratih. dkk. 2019. Jurnal Analisa Sosiologi: Analisis Kasus Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) “MS Collection†Kerajinan Kain Perca di Kelurahan Gendrekan Kecamatan Brebes Kota Surakarta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualiatif : Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretatif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

__________ 2020. Catalog Badan Pusat Statistik Indonesia 2020 : Statistical Yearbook Of Indonesia 2020.

Downloads

Published

31-01-2022

How to Cite

Desvera, R., & Thaap, J. (2022). PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (Studi di Desa Tungkal II Kec. Pino Raya Kab. Bengkulu Selatan). JURNAL ILMIAH IDEA, 16(41). Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/3111

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 105 times