KEBERLANJUTAN PENDIDIKAN ANAK NELAYAN BENGKULU (STUDI DI KELURAHAN MALABERO, TELUK SEGARA, KOTA BENGKULU)

Authors

  • M. Ilham Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fazrul Hamidy

Abstract

Studi ini mengkaji tentang Keberlanjutan Pendidikan Anak Nelayan Bengkulu ( Studi di Kelurahan Malabero, Teluk Segara Kota Bengkulu ). Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui keberlanjutan pendidikan anak nelayan Bengkulu di Kelurahan  Malabero, Teluk Segara, Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di Kelurahan Malabero Kota Bengkulu, dengan menggunakan teori Struktural Fungsionalisme dengan konsep AGIL yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Maka dapat disimpulkan bahwa keberlanjutan pendidikan anak nelayan Bengkulu di Kelurahan  Malabero, Teluk Segara, Kota Bengkulu.adalah sebagai berikut :  (1) Tingkat pendidikan atau keberlanjutan pendidikan anak nelayan dapat dikatakan bahwa masih tergolong rendah. Dalam hal ini lingkungan pada masyarakat nelayan menjadi faktor utama rendahnya tingkat pendidikan anak nelayan (2) Persepsi masyarakat nelayan terhadap tingkat pendidikan pada umumnya masyarakat nelayan mengatakan tingkat pendidikan itu penting, tetapi dalam prilaku merekan masih mengabaikan pendidikan anaknya. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan pendidikan anak nelayan diantaranya umur kepala keluarga, tingkat pendidikan kepala keluarga, tingkat pendapatan, lingkungan masyarakat nelayan, jumlah jam kerja anak dan jarak tempat tinggal dengan sarana pendidikan.

 

Kata kunci: Keberlanjutan, Pendidikan, Anak Nelayan, Bengkulu

References

Astrid, dkk, 1983, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Binacipta, Jakarta.

Abu, Ahmadi dan Nur Uhbiyati, 2001, Ilmu Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta

Aditiwati, P. dan Kusnadi, 2003, Kultur Campuran dan Faktor Lingkungan Mikroorganisme dalam Fermentasi Tea, Proc. ITB Sains dan Teknologi, Cidor.

Affandi, Hakimul Ikhwan, 2004, Akar Konflik Sepanjang Zaman: Elaborasi Pemikiran Ibnu Khaldun, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Rineka Apta, Jakarta.

Anonim, 2017, Analisi Pencapaian Nilai Tuka Nelayan (NTN) Backgrond Study RPJM Kelautan dan perikanan. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Direktorat Kelautan dan perikanan. Jakarta.

Ayu Rahayu, 2018, “Faktor-faktor yang mempengaruhi Keberlanjutan Pendidikan Formal Anak Nelayan di tinjau dari Aspek Pengembangan Sumber Daya Manusia di Desa Bontomarannu, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalarâ€, (Skripsi), Universitas Hasanuddin Makassar, Makassar.

Bagong, Suyanto J. Dwi Narkowa, 2004, Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Kencana Media Group, Jakarta.

Bachtiar, Wardi, 2011, Sosiologi Klasik dari Comte hingga Parsons, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Horton, Paul B., dan Chester L. Hunt, 1993, Sosiologi, Jilid I edisi Keenam, ( Ahli Bahasa: Aminuddin Ram, Tita Sobari), Erlangga, Jakarta.

Hasbullah, 2005, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (edisi revisi), PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Heslin, James M., 2007, Sosiologi dengan Pendekatan Membumi, Jilid I edisi 6, Erlangga, Jakarta.

Ihromi, 2004, Bunga Rampai Soisologi Keluarga, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Kusnadi, 2006, Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Lkis Pelangi Aksara, Yogyakarta.

Krisiandi, 2016, Jutaan Anak Hanya Lulus SD, https://nasional.kompas.com/read/2016/09/08/21125951/jutaan.anak.hanya.lulu.sd?page=all. Edisi 8 September 2016, Kompas, hlm 11.

Karim Muhammad, 2018, Nelayan Butuh Kehadiran Negara, https://m.detik.com/news/kolom/d-3977683/nelayan-butuh-kehadiran-negara, Diakses tanggal 18 April 2018.

Leibo, Jefta, 1995, Sosiologi Pedesaan, Andi Offset, Yogyakarta.

Moh. Amaluddin, 1987, Kemiskinan dan Polarisasi Sosial: Studi Kasus di desa Bulugede, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, UI Press, Jakarta.

Moleong, Lexy J., 2004a, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moleong, Lexy J., 2007b, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moleong, Lexy J., 2017c, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nazsir, Nasrullah, 2009, Teori-teori Sosiologi, Widya Padjajaran, Bandung.

Ono, 2015, Koperasi Nelayan Pengelolaan Sumber daya Perikanan Tangkap Berbasis Ekonomi Gotong Royong, PT. Wahana Semesta Intermedia, Jakarta.

P Jonshon, Doyle, 1998, Teori Sosiologi dan Modern Jilid I, Gramedia, Jakarta.

Raho, Bernard, 2007, Teori Sosiologi Modern, Prestasi Pustakaraya, Jakarta.

Ritzer, George dan Douglas J. Goodman, 2009b, Teori Sosiologi: dari Teori Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Teori Sosial Postmodern, Kreasi Wacana, Yogyakarta.

Ritzer, George, dkk, 2011c, Sosiologi Ilmu Pengetahuan berparadigma Ganda, Rajawali Pers, Jakarta.

Ritzer, George, 2012d, Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Soekanto, Soejono, 1992, Memperkenalkan Sosiologi, Rajawali Press, Jakarta.

Sitorus MTF, 1998, Penelitian Kualitatif, Kelompok Dokumentasi Ilmu-ilmu Sosial, Fakultas Pertanian IPB, Bogor.

Suryani, 2004, Prilaku Agresif Remaja di Tinjau dari Pengelolaan diri dan Persepsi terhadap Pola Asu Authoritarian otang tua, (tidak diterbitkan), Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sugiyono, 2005a, Metode Penelitian Administrasi, Afabeta, Bandung.

Siti Nuraini, 2009, “Keberlanjutan Pendidikan Anak Nelayan Muara Angke, Kota Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta†(Skripsi), Institut Pertanian Bogor, DKI Jakarta.

Sumodiningrat, Gunawan, 2011, Membanguan Perekonomian Rakyat, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Suyitno, 2012, Faktor-faktor yang mempengaruhi Pendapatan Nelayan. Ekonomi Pembangunan. Menjelajah dunia dengan ilmu pengetahuan.

Syani, Abdul, 2012, Sosiologi: Skematika, Teori dan Terapan, Binacipta, Jakarta.

Sugiyono, 2013b, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Afabeta, Bandung.

Sylke Febrina Laucereno, 2017, Angka Kemiskinan di Indonesia. https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3707627/berapa- banyak-orang-miskin-di-muka-bumi-ini. Diakses tanggal 31 Oktober 2017

T. Sugihen, Bahrein, 1997, Sosiologi Pedesaan suatu Pengantar Baru, PT. Grafindo, Jakarta.

Undang Undang Dasar 1945 dalam Pasal 31 Tentang Upaya Pelaksanaan Pendidikan.

Undang Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang Undang Dasar Tahun 2003 Pasal 36 Ayat (1) Tentang Pendidikan Nasional

Undang Undang No 20 tahun 2003 Pasal 1 Ayat (11) dan Ayat (13) Tentang Pendidikan jalur formal.

Undang Undang Dasar Tahun 2003 Pasal 36 Ayat (1) Tentang Pendidikan Nasional

Downloads

Published

31-01-2022

How to Cite

Ilham, M., & Hamidy, F. (2022). KEBERLANJUTAN PENDIDIKAN ANAK NELAYAN BENGKULU (STUDI DI KELURAHAN MALABERO, TELUK SEGARA, KOTA BENGKULU). JURNAL ILMIAH IDEA, 16(41). Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/3110

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 125 times