PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH AMAN BENCANA (Studi Pada Lembaga Penanggulangan Bencana PWM Bengkulu)

Authors

  • Ahmad Jaroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ledyawati Ledyawati Program Studi Sosiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program  satuan pendidikan sekolah aman bencana yang dilakukan Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini antara lain ketua lembaga dan relawan-relawan lembaga, teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tahap-tahap yang dilakukan dalam pelaksanaan program ini dilakukan dengan: pengenalan bencana dan sistem penanggulangan bencana, kajian risiko bencana, penyusunan protap, pembentukan tim siaga, rencana aksi sekolah, simulasi, evaluasi dan perbaikan rencana aksi sekolah. (2) pelaksanaan program ini masih belum cukup baik masih butuh perbaikan-perbaikan misalkan: (a) perlu dukungan kebijakan dari pemerintah daerah dalam penerapan program ini (b) masih sedikit sekolah- sekolah yang bersungguh-sungguh menjalankan program ini (c) butuh pelatihan- pelatihan terutama dalam memperbanyakfasilitator.

Kata kunci: Satuan Pendidikan,Sekolah Aman Bencana

References

Anisah, N., & Sumarni, S. (2019). Model Sekolah Aman Bencana Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter di MIN 1 Bantul. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 9. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).9-20

Febriyan, A. E. (2017). Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana Di Smsp N 2 Cangkringan Kabupaten Sleman. Universitas Negeri Semarang.

Heryana, A. (2018). Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif. December, 1–15.

Kasman, rusdi. (2019). Bimbingan Satuan Pendidikan Aman Bencana Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan Pasca Bencana Di Kota Palu, Sigi Dan Donggala. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Musri, H. (2019). Upaya Pemerinyah Nagari Dalam Rangka Mitigasi Bencana Banjir Di Nagari Gunumg Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203

Pratama, G. (2017). Analisispenanggulangan Bencana Banjir Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd). Universitas Bengkulu.

Primavera, A., Mustofa, H., Ratnasari, D., & Agung Eko Nugrahanto. (2015). Perbedaan Sekolah Aman Bencana Di Satuan Pendidikan Di Sekolah

Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Proseding Konferensi Nasional, 136–139

Rahma, A. (2018). Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana(PRB) Melalui Pendidikan Formal. Varian Pendidikan, 30(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6537

Usman, H., & Setiady, P. (2008). Metodologi Penelitian Sosial Budaya. https://difarepositories.uin-suka.ac.id/152/1/metodologi penelitian sosial.pdf

Wagiyo. (2007). Paradigma Sosiologi dan Teori Pendekatannya. In Paradigma Sosiologi dan Teori Pendekatannya (pp. 1–34).

Undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 33 tahun 2019 tentang penyelenggaraan program satuan pendidikan aman bencana

Purwanto nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: graha ilmu

Idi Abdullah dan HD Safarina. 2011. Sosiologi pendidikan. Depok: PT. raja grafindo persada

Kahmad Dadang. 2005. Perkembangan Dan Paradigma Utama Teori Sosiologi. Bandung: Cv Pustaka Setia

Ritzer George dan J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern. Cetakan keenam. Jakarta: Kencana Prenada Media

Published

31-01-2022

How to Cite

Jaroni, A., & Ledyawati, L. (2022). PROGRAM SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH AMAN BENCANA (Studi Pada Lembaga Penanggulangan Bencana PWM Bengkulu). JURNAL ILMIAH IDEA, 16(41). Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/idea/article/view/3107

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 90 times