PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD NEGERI 60 BENGKULU TENGAH

Authors

  • Helmiyati Helmiyati SD Negeri 60 Bengkulu Tengah

Abstract

Kurang aktifnya aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, menyebabkan guru merasa perlu untuk membangkitkan semangat siswa untuk melakukan tindakan disaat belajar. Untuk itu diperlukan metode pengajaran yang dapat menunjang terciptanya kegiatan-kegiatan belajar siswa yang aktif di kelas, yakni dengan menerapkan model pembelajaran (Problem Based Learning). Penelitian ini dilakukan di kelas 4 SD Negeri 60 Bengkulu Tengah dengan tujuan penelitian: 1). Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada Siswa kelas kelas 4 SD Negeri 60 Bengkulu Tengah. 2). Untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar siswa kelas 4 SD Negeri 60 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), dilakukan dalam bentuk 2 (dua) siklus dan 4 (empat) tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah Observasi dan Tes guna mengetahui peningkatan aktivitas pelajar melalui penilaian hasil belajar, yang selanjutnya dianalisis secara Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil pengamaatan hasil aktivitas siswa pada siklus 1 skor yang diperoleh adalah 15 dan 16 (kriteria cukup) dan siklus 2 adalah 21 dan 22 (kriteria baik), hal ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan belajar dikelas. Sedangkan nilai rata-rata siswa siklus 1 adalah 73 dan siklus 2 adalah 83. Hal ini dapat dilihat dari data tersebut ada peningkatan aktivitas belajar siswa, dengan ttabel 0,355 dan thitung 9,70. Dimana jika thitung lebih besar dari ttabel berarti adanya peningkatan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning

References

Alam S. 2013. Ekonomi. Esis: Jakarta

Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.

Kencana: Jakarta

Arikuntoro, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta Basuki, Ismet (dkk). 2014. Asesmen Pembelajaran. Rosda: Bandung Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta

Hartono, Agung (dkk). 2013. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta: Jakarta Irianto, Agus. 2013. Pendidikan sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu

Bangsa. Kencana: Jakarta

Isjoni. 2008. Model-model Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta Istarani. 2011. Model Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta Jessica. 2009. Aktivitas Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta

Joyce, Bruce (dkk). 2009. Models of Teaching. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Kasbola, Kasihani (dkk). Wayan. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Malang: Malang

Koni, Satria (dkk). 2012. Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta Kunandar. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Rajawali Pers: Jakarta

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Rosda: Bandung

Makmun, Syamsuddin A (dkk). 2011. Perencanaan Pendidikan. Rosda: Bandung Mukhtar (dkk). 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. GP Pres: Jakarta Nasution. 2011. Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta

Nur, Dhevita. 2013. Problem Based Learning

Diakses dari: Pgsd-vita.blogspot.com. 18 Februari 2015 Pidarta, Made. 2019. Landasan Kependidikan. Rineka Cipta: Jakarta

Prathama. 1994. Ekonomi. Intan Pariwara: Klaten Utara

Purwanto, Ngalim.M. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.

Remaja Rosda Karya: Bandung

Roniggi, Mugi. 2013. Devinisi Aktivitas: Website

Diakses dari: http://DynamicViews-sjabloon.Aangedryfdeur. Bloger. com. 10 Februari 2015

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Rajawali Pers: Jakarta Sudjana, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Kencana: Jakarta Sanjaya. 2007. Model Problem Based Learning. Rineka Cipta. Jakarta Sa’ud, Syaefudin U. 2010. Inovasi Pendidikan. Alfabeta: Bandung Schmoker. 2012. Menjadi Guru yang Efektif. Erlangga: Jakarta

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta Suwarno, Wiji. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Ar-Ruzzmedia: Jogjakarta Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga: Jakarta

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Grasindo: Jakarta

Tim Pengembangan MKDP kurikulum dan Pemberdayaan. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia: Jakarta

Wahab, Aziz A. 2009. Metode dan Model-model Mengajar. Alfabeta: Bandung Zain, Aswan (dkk). 2013. Strategi Belajar Mengajar: Rineka Cipta: Jakarta

Downloads

Published

2021-08-14

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 145 times