URGENSI ETIKA DALAM PROFESI AKUNTAN DI LIHAT DARI SUDUT PANDANG ISLAM

Authors

  • Rahma Diana Universitas Gajah Putih Aceh
  • Hasan Basri Universitas Gajah Putih Aceh

Abstract

Profesi akuntan adalah profesi yang membutuhkan kepercayaan dari masyarakat. Adanya kasus pelanggaran etika yang dilakukan akuntan baik ditingkat international maupun nasional perlu mendapatkan perhatian khususnya dikalangan dunia profesi akuntan. Karya ilmiah ini menjelaskan pentingnya etika profesi akuntan dalam perspektif Islam. Islam sebagai agama yang komprehensif dan universal mengatur seluruh hidup manusia termasuk masalah etika akuntan. Dalam karya ilmiah ini membandingkan antara etika akuntan berdasarkan pemikiran rasionalisme dengan etika akuntan dalam perspektif Islam. Karya ilmiah ini juga menjelaskan tentang pentingnya etika profesi akuntan dalam Islam. Hasil karya ilmiah ini menunjukkan jika etika akuntan dilaksanakan sesuai dengan Islam maka kasus pelanggaran etika yang terjadi dalam bisnis dan profesi dapat dicegah dan dihindari.

Kata Kunci: Etika Profesi, Kode Etik Akuntan, Dan Islam.

References

Agoes, Sukrisno. (2012). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik. Jakarta : Salemba Empat.

Dewi, K. Listya. (2013). Akuntan Publik Dalam Penegakan Kode Etik Profesi. Jurnal Ilmiah Mahasiawa FEB: Universitas Brawijaya

Harahap, S. Syafari. (2010). Auditing dalam Perspektif Islam. Jakarta : Pustaka Quantum.

Hardjanto, A. Imam. (2005). Pengantar Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Harkaneri, H. (2013). Urgensi Etika dalam Akuntansi Dilihat dari Sudut Pandang Islam. Jurnal El-Riyasah. Ejournal : UIN Suska

Hasan, M.A. (2009). Etika dan Profesionalisme Akuntan Publik. Dosen FE Universitas Riau Pekbis Jurnal Vol 1 No 3.

Hidayah, Yuniarti. (2012). Praktek Kecurangan Akuntansi dalam Perusahaan “YHS Putra El-Muhasabaâ€. Ejournal : UIN Malang.

Kamaludin, U.A. & Alfan, Muhammad. (2010). Etika Manajemen Islam. Bandung : Pustaka Setia.

Koroy, T.R. (2008). Pendeteksian Kecurangan (Fraud) Laporan Keuangan Oleh Auditor Eksternal. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol 10 No 1, 22-23

Martadi, I.F. & Suranta, Sri. (2006). Persepsi Akuntan, Mahasiswa Akuntansi, dan Karyawan bagian Akuntansi di Padang dari Segi Gender Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi: Studi di Wilayah Surakarta. Padang : symposium Nasional Akuntansi 9.

Nasirwan. (2011). Telaah Pelanggaran Terhadap Etika Profesi Akuntan Metode Hermeneutik. Jurnal Keuangan & Bisnis Vol 3 No 1.

Nurhayati, Sri. & Wasilah. (2009). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Putri, MD Kompiang & Suputra Dharma. (2013). Pengaruh Independensi, Profesionalisme, dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Bali. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana vol 4 No 1, 39-53

Subroto, Bambang. (2005). Corporate Governance or Good Corruption Governance?â€Pemaparan Kisah Klasik yang Inspiratifâ€. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sulistyanto, Sri. (2008). Manajemen Laba “teori dan model empirisâ€. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Warsono, Sony. & Jufri. (2011). Akuntansi Transaksi Syariah. Yogyakarta : Asgard Chapter.

Yuteva, Sekarani. (2010). Analisis Pengaruh Etika Kerja Islam Terhadap Komitmen Profesi Internal Auditor, Komitmen Organisasi, dan Sikap Perubahan Organisasi : Studi Empiris Terhadap Internal Auditor Perbankan Syariah di Kota Semarang dan Jakarta. Semarang : Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2021-08-14

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 964 times