Evaluasi E-Learning Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model

Authors

  • Rio Jumardi Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v3i2.887

Abstract

Penggunaan teknologi informasi menggunakan internet telah banyak digunakan diberbagai bidang termasuk didalamnya pada bidang pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi yang dilakukan di lingkungan STITEK Bontang adalah implementasi penggunaan sistem informasi berbasis internet dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi E-Learning. E-Learning telah diimplementasikan pada tahun 2019 dan digunakan sebagai sarana pendukung perkuliahan yang diterapkan secara online yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk melakukan proses pembelajaran dimana dan kapan saja. Evaluasi terhadap E-Learning perlu dilakukan untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap sistem yang baru diimplementasikan. Tanggapan pengguna akan dijadikan langkah antisipasi dini agar dilakukan perbaikan dan peningkatan performa E-Learning dalam mendukung proses pembelajaran di STITEK Bontang.Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian a dalah penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara menjelaskan hubungan antar variabel menggunakan model adopsi dari Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian dilakukan dengan menganalisis hasil kuisioner dari 110 mahasiswa yang pernah menggunakan E-Learning. Analisis data menggunakan metode Partial Least Square dengan Software SMART PLS 2.0 M3. Hasil penelitian membuktikan bahwa, Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh secara signifikan terhadap Sikap Terhadap Perilaku, Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh secara signifikan terhadap Persepsi Kegunaan, Persepsi Kegunaan dan Sikap Terhadap Perilaku berpengaruh secara signifikan terhadap Niat Perilaku serta Niat Perilaku berpengaruh secara signifikan terhadap Penggunaan Nyata Sistem. Secara umum, pengguna dapat menerima dan menggunakan E-Learning dalam pelaksanaan pembelajaran namun perlu adanya peningkatan kualitas sistem khususnya pada saat mengumpulkan tugas perkuliahan

Author Biography

Rio Jumardi, Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

References

APJII, “Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018,†Apjii, p. 51, 2019.

F. S. Rahayu, D. Budiyanto, and D. Palyama, “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta),†J. Terap. Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 87–98, 2017.

M. A. Setiawan, “Klasiber : A Floss Implementation to Build E-Learning System of Faculty of Industrial Technology, Islamic University of Indonesia; An Administrator Perspective,†Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., vol. 2006, no. Snati, pp. 105–110, 2006.

D. Napitupulu, “Kajian penerimaan e-learning dengan pendekatan TAM,†Pros. Semin. Nas. Multidisiplin Ilmu Univ. Budi Luhur, Jakarta, no. April, pp. 41–48, 2017.

F. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology,†MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 13, no. 3, pp. 319–339, 1989.

D. Tang and L. Chen, “A review of the evolution of research on information Technology Acceptance Model,†BMEI 2011 - Proc. 2011 Int. Conf. Bus. Manag. Electron. Inf., vol. 2, pp. 588–591, 2011.

V. Venkatesh and F. D. Davis, “Theoretical extension of the Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies,†Manage. Sci., vol. 46, no. 2, pp. 186–204, 2000.

J. R. T. Sitinjak and Sugiarto, LISREL. Graha Ilmu, 2006.

I. Ghozali, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

P. Tarka, “Likert scale and change in range of response categories vs. the factors extraction in EFA model,†Acta Univ. Lodz. Folia Oeconomica, vol. 1, no. 311, 2015.

R. Likert, “A Technique for the Measurement of Attitudes,†Arch. Physcology, 1932.

W. Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale),†Ilmu Pertan. dan Perikan., vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013.

H. Latan and I. Ghozali, Partial least squares : konsep, teknik dan aplikasi SmartPLS 2.0 M3 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2012.

J. F. Hair JR, W. C. Black, B. J. Babin, and R. E. Anderson, Multivariate Data Analysis, 7th ed. Pearson, 2009.

J. F. Hair, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, “PLS-SEM: Indeed a silver bullet,†J. Mark. Theory Pract., vol. 19, no. 2, pp. 139–152, 2011.

Downloads

Published

2020-10-12
Abstract viewed = 363 times