SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK KOPI TRABAS ARGAMAKMUR BERBASIS WEBSITE

Authors

  • Kirman Kirman Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ade Anugrah Hanafiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v3i1.628

Abstract

ABSTRAK Kopi Trabas merupakan toko yang bergerak di bidang penjualan kopi yang masih memerlukan adanya perluasan wilayah dalam penjualan dan pemasaran produk yang disediakan baik untuk pelanggan didalam kota Bengkulu maupun diluar Bengkulu. Untuk promosi produk yang dijual pada Kopi Trabas saat ini hanya dilakukan dengan menggunakan Banner dan pencatatan transaksi pada toko ini juga masih bersifat manual sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan juga memungkinkan adanya kehilangan data. Pada saat ini cara pembelian pada toko Kopi Trabas adalah pelanggan secara langsung ke toko untuk melihat dan memesan produk yang disediakan. Dengan membangun sistem informasi penjualan berbasis webs pada Kopi Trabas maka dapat membantu toko dan pelanggan dalam melakukan transaksi jual beli, juga dapat membantu perusahaan mempromosikan produk melalui internet. Metode perancangan menggunakan pemodelan DFD (Data Flow Diagram). Hasil dari penelitian ini berupa perancangan sistem penjualan berbasis web yang dapat diimplementasikan dengan baik oleh pemilik guna mempromosikan produk dan melakukan transaksi jual beli secara mudah kepada pelanggan dan online.

 

Kata Kunci: Sistem Penjualan berbasis web, DFD (Data Flow Diagram.

ABSRACT Kopi Trabas is an store that provides gadgets which requires an expansion on sales and promotion of its products for customer inside and outside Bengkulu. Kopi Trabasis still using Banner for its promotion and the recording transaction are still manual so it is likely to make a mistake and a data loss. At the time, the way of purchase at Kopi Trabas are the customer directly came into the store to see and ordering products that are provided by the store. By developing a web-based sales information system on the Kopi Trabas is, it would help the store and the customer on making transactions and helps the store to promote the store’s products over the internet. The system is using DFD (Data Flow Diagram). The results of web-based sales information system research could be implemented and be a good use for the store on promoting its product and easily making transactions to the customers online.

Keywords: Web-based sales information systems, DFD (Data Flow Diagram).

Downloads

Published

2020-04-04
Abstract viewed = 475 times