SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DOKUMENTASI PROGRAM ACARA PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK (LPP) TELEVISI REPUBLIK INDONESIA (TVRI) STASIUN JAWA TENGAH DENGAN METODE FRAMEWORK FOR THE APPLICATION OF SYSTEM ANALYSIS TECHNIQUE

Authors

  • Bambang Agus Herlambang Universitas PGRI Semarang
  • Shentika Ayu Wulandari Univesitas PGRI Semarang
  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang
  • Aris Trijaka Harjanta Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36085/jtis.v4i2.1706

Abstract

Abstrak : LPP TVRI Stasiun Jawa Tengah membutuhkan suatu sistem teknologi yang dapat membantu dalam proses manajemen dokumentasi program acara yang saat ini masih dilakukan secara manual. Sistem manual ini dirasa sangat tidak efektif dan efesien. Untuk itu penelitian ini akan mebangun sistem informasi manajemen dokumentasi acara pada LPP TVRI Jawa Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan prosedur penelitian R&D (Research and Development) serta metode pengembangan perangkat lunak FAST (Framework for the application of system analysis technique). Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, basis data menggunakan database MySQL dan apache sebagai sebagai web servernya. Sistem ini dinyatakan lolos uji dari beberapa hasil pengujian yang telah dilakukan, sehingga dapat dikatakan bahwa sistem ini dapat mempermudah pengelolaan dokumentasi acara menjadi aman, efektif dan efesien. Selain itu, memepermudah instansi yang terkait dalam permintaan dokumentasi acara.

References

Carwoto and B. Wijayanto, “Pengembangan Dan Implementasi Sistem Informasi Jejaring Rujukan Kegawatdaruratan Maternal- Neonatal Berbasis Web Dan Sms (Short Message Service),†Pros. SNST, p. 269, 2013.

L. Anjaya, R. Lukito, and E. S. Djatikusuma, “Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Web pada PT Bintang Baru Sejati Palembang,†pp. 1– 7, 2014.

A. Moh and S. Nanik, “Sistem Informasi Manajemen Laboratorium ( SIMLAB ) ( Studi Kasus Laboratorium Progdi Sistem Informasi UMK

),†Maj. Ilm. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 111–123, 2012.

S. Haryati, “Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan,†Fkip Utm, vol. 37, no. 1, pp. 11–26, 2012.

Downloads

Published

2021-07-28
Abstract viewed = 174 times