SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DOKUMENTASI PROGRAM ACARA PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK (LPP) TELEVISI REPUBLIK INDONESIA (TVRI) STASIUN JAWA TENGAH DENGAN METODE FRAMEWORK FOR THE APPLICATION OF SYSTEM ANALYSIS TECHNIQUE

Bambang Agus Herlambang, Shentika Ayu Wulandari, Noora Qotrun Nada, Aris Trijaka Harjanta

Abstract


Abstrak : LPP TVRI Stasiun Jawa Tengah membutuhkan suatu sistem teknologi yang dapat membantu dalam proses manajemen dokumentasi program acara yang saat ini masih dilakukan secara manual. Sistem manual ini dirasa sangat tidak efektif dan efesien. Untuk itu penelitian ini akan mebangun sistem informasi manajemen dokumentasi acara pada LPP TVRI Jawa Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan prosedur penelitian R&D (Research and Development) serta metode pengembangan perangkat lunak FAST (Framework for the application of system analysis technique). Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, basis data menggunakan database MySQL dan apache sebagai sebagai web servernya. Sistem ini dinyatakan lolos uji dari beberapa hasil pengujian yang telah dilakukan, sehingga dapat dikatakan bahwa sistem ini dapat mempermudah pengelolaan dokumentasi acara menjadi aman, efektif dan efesien. Selain itu, memepermudah instansi yang terkait dalam permintaan dokumentasi acara.


Full Text:

PDF

References


Carwoto and B. Wijayanto, “Pengembangan Dan Implementasi Sistem Informasi Jejaring Rujukan Kegawatdaruratan Maternal- Neonatal Berbasis Web Dan Sms (Short Message Service),” Pros. SNST, p. 269, 2013.

L. Anjaya, R. Lukito, and E. S. Djatikusuma, “Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Web pada PT Bintang Baru Sejati Palembang,” pp. 1– 7, 2014.

A. Moh and S. Nanik, “Sistem Informasi Manajemen Laboratorium ( SIMLAB ) ( Studi Kasus Laboratorium Progdi Sistem Informasi UMK

),” Maj. Ilm. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 111–123, 2012.

S. Haryati, “Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan,” Fkip Utm, vol. 37, no. 1, pp. 11–26, 2012.




DOI: https://doi.org/10.36085/jtis.v4i2.1706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.