Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW pada PT. Kujang Sakti Anugrah

Authors

  • Mega Fidia Penta STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Fernando B Siahaan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sulaeman Hadi Sukamana STMIK Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsai.v2i3.410

Abstract

Persaingan antar perusahaan adalah hal yang wajar dalam meningkatkan kualitas perusahaan tersebut. Persaingan ini mengakibatkan setiap perusahaan harus terus menerus melakukan perbaikan serta meningkatkan kualitas karyawan dalam perusahan itu sendiri. Berdasaekan hal itu, penelitian ini mencoba untuk melakukan pemilihan karyawan terbaik pada PT. Kujang Sakti Anugrah dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting, yang terdiri dari lima kriteria yaitu tanggung jawab, sikap kerja, kedisiplinan, prestasi kerja dan kerjasama. Sample didapatkan dari data karyawan bagian bengkel pada PT. Kujang Sakti Anugrah, karena dalam perusahaan ini belum secara efektif dalam pemilihan karyawan terbaik. Hasil dari penelitian ini telah terpilih karyawaan bernama Wandi Kariadi dengan nilai 0,93 sebagai karyawan terbaik bagian bengkel PT. Kujang Sakti Anugrah.

Kata Kunci: Karyawan Terbaik, SAW, Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan

References

Arianto, E. Y., Siahaan, F. B., & Informasi, S. (2018). ANALISA PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING Pada PT . Unilever Indonesia Tbk. 4(1), 194–204.

Murdianto, H., Khairina, D. M., & Hatta, H. R. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PER TRIWULAN PT . CAHAYA FAJAR KALTIM PLTU EMBALUT TANJUNG BATU MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. 1(1), 24–29.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=PoJyCAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=nofriansyah&hl=jv&sa=X&ved=0ahUKEwjQn4rv973jAhWI63MBHb6QALUQ6AEIJTAA#v=onepage&q=nofriansyah&f=false

Pamungkas, P. S., & Kusnadi, Y. (2019). TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITVE WEIGHTING ( SAW ) PADA PT RINGKAT TEKNOLOGI. 5(1), 71–77.

Suryana, A., Yulianto, E., & Pratama, Khrisna, D. (2018). PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PRESTASI PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE SAW, AHP, DAN TOPSIS. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, III(2).

Downloads

Published

2019-11-28
Abstract viewed = 3448 times